Tingkatkan Daya Saing Komoditas, Bupati Kediri Kompetisikan Olahan Rosella

Tingkatkan Daya Saing Komoditas, Bupati Kediri Kompetisikan Olahan Rosella Beberapa peserta kompetisi olahan minuman berbahan dasar rosella dalam rangka HUT Kabupaten Kediri ke-1218 saat sedang beraksi. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bunga yang selama ini dikenal diproduksi sebagai teh dan obat-obatan bakal dijadikan sebagai komoditas utama Kabupaten Kediri. Langkah pertama untuk mewujudkan hal itu, Pemkab Kediri menggelar kompetisi olahan minuman berbahan , Minggu (27/3/2022).

Kompetisi olahan yang digelar di area Wisata Air Terjun Dolo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, ini dalam rangka HUT Kabupaten Kediri ke-1218. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan kompetisi ini untuk meningkatkan daya saing bunga . Sebab, bunga berwarna merah ini masih minim peminat. 

Ia berharap kompetisi ini dapat memunculkan variasi minuman berbahan dengan cita rasa dan tampilan yang layak masuk restoran atau cafe.

"Serta tentu tetap menonjolkan khasiat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya saing yang tinggi terhadap minuman-minuman yang lainnya," kata dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Mamiek Amiyati.

Menurutnya, yang tidak kalah penting dari semua itu adalah menjaga keberlanjutan . Budi daya bunga yang banyak ditanam dan diproduksi di Lereng Gunung Wilis itu harus baik.

Kemudian peningkatan produktivitas, pengolahan hasil, pengemasan dan penyajian, hingga pemasaran juga harus diperhatikan, sehingga harapannya dapat meningkatkan nilai ekonomi, yang tentunya seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO