Berawal dari Keprihatinan, Pemuda Asal Pasuruan ini Sulap Sampah Plastik jadi BBM

Berawal dari Keprihatinan, Pemuda Asal Pasuruan ini Sulap Sampah Plastik jadi BBM Pemuda Karang Taruna Kelurahan Tambaan saat menunjukkan BBM yang dihasilkan dari pengolahan sampah plastik.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Berawal dari keprihatinan atas banyaknya sampah di kampungnya, sejumlah pemuda di Jawa Timur berhasil menciptakan bahan bakar minyak () dari sampah plastik.

Sampah-sampah plastik itu disulap menjadi jenis premium, solar, dan minyak tanah.

itu dilakukan oleh Pelopor Pemuda Karang Taruna Kecamatan Panggungrejo, .

Menurut Nouvel, salah satu anggota karang taruna, inovasi tesebut muncul setelah para Pemuda Tambaan kerja bakti mengumpulkan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Setelah sampah-sampah itu dikumpulkan, muncul ide untuk mengolahnya menjadi bbm.

“Jadi kita adakan mesin pengolah sampah menjadi . Untuk sampahnya didapat dari sampah rumah tangga dan sampah kiriman yang terbawa laut,” ujar Novel.

Menurutnya, proses mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif ini cukup panjang.

Awalnya, sampah plastik seperti bekas gelas dan botol minuman kemasan, serta kantong plastik, harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran.

Setelah itu, harus dijemur selama satu minggu hingga benar-benar kering. “Untuk pembersihan sampah tergantung cuaca, bisa sampai satu minggu. Karena sampahnya harus benar-benar bersih dari lumpur dan air,” terangnya.

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO