Kembangkan Teknologi FO-GPON, Diskominfo Raih Peringkat 2 Dalam Inotek Pamekasan Award

Kembangkan Teknologi FO-GPON, Diskominfo Raih Peringkat 2 Dalam Inotek Pamekasan Award Paparan perwakilan diskominfo dalam lomba inovasi dan teknologi yang diadakan Bappeda Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan meraih peringkat dua dalam Inovasi dan Teknologi (Inotek) Award Tahun 2022 yang diselenggarakan bappeda setempat.

Prestasi yang diraih Diskominfo Pamekasan itu berkat pengembangan teknologi (fiber optic-gigabit capable passive optical network). Yaitu, penggunaan komunikasi data yang cepat, akurat, real time, dan aman.

Kabid IKP Diskominfo Pamekasan Arief Rachmansyah mengatakan teknologi  bertujuan maksimalkan pemanfaatan infrastruktur layanan jaringan intranet. Baik untuk pertukaran data, video conference, digital video broadcasting (DVB), dan lainnya.

"Di mana nantinya akan terbangun sentralisasi data dan fasilitas komunikasi data secara virtual yang dapat diakses dan mudah, cepat, dan aman," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com Senin (6/6/2022).

Menurutnya, teknologi juga menunjang brankas data (brata) yang sudah dimiliki . Dengan demikian, komunikasi antar pemangku jabatan tidak lagi hanya bergantung pada jaringan internet, tapi lebih mengandalkan jaringan intranet.

Selain mempermudah pertukaran data antar pegawai di lingkup , teknologi tersebut juga meminimalisir kehilangan data karena mengandalkan jaringan intranet.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO