Tingkatkan SDM Songsong Smart City, Pemkab Jember Gandeng Relawan Teknologi Informasi

Tingkatkan SDM Songsong Smart City, Pemkab Jember Gandeng Relawan Teknologi Informasi Bupati Jember Hendy Siswanto foto bersama relawan TIK usai audiensi, Jumat (10/6/2022).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemkab Jember berkomitmen mewujudkan (kota cerdas) guna menyesuaikan diri dengan era digital. Komitmen itu dibuktikan melalui kolaborasi dengan Relawan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Cabang Jember.

tersebut akan menjadi pendamping dan instruktur peningkatan bidang TIK, baik bagi aparatur pemerintahan, maupun masyarakat pada umumnya.

  mengatakan bahwa konsep tidak hanya membutuhkan kecanggihan pada teknologinya saja. "Manusianya atau penggunanya juga harus canggih," ujarnya.

Ia mencontohkan penyaluran bantuan hibah berupa peralatan multimedia kepada 100 desa untuk menunjang pelayanan yang terintegrasi dan realtime, serta beberapa aplikasi layanan pemerintah berbasis digital yang telah di-launching. Menurutnya, inovasi-inovasi tersebut akan sia-sia apabila tidak dibarengi dengan peningkatan kemampuan IT yang memadai.

"Ya kan percuma dong kita buatin aplikasi yang canggih, kemudian aparatur pemerintahnya tidak bisa atau masyarakatnya bingung. Makanya kita gandeng relawan TIK untuk peningkatan SDM dan pendampingan di bidang teknologinya," jelasnya.

"Ya eranya sudah digital sekarang, ASN sebagai pelayan masyarakat sudah harus menyesuaikan diri," imbuhnya.

Sementara itu, Erlin, Ketua Cabang Jember menuturkan bahwa pihaknya awalnya hanya bekerja sama dengan kominfo. "Sama kominfo dikenalkan ke bupati, akhirnya bupati minta kita ngajukan buat audiensi," paparnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/6).

Dalam kolaborasi dengan relawan TIK ini, Pemkab Jember akan mendapatkan kegiatan bimbingan teknis terkait teknologi secara rutin. (yud/bil/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO