Selain Vaksin, Wabup Pasuruan Sarankan Peternak Buat Ramuan Herbal untuk Cegah PMK

Selain Vaksin, Wabup Pasuruan Sarankan Peternak Buat Ramuan Herbal untuk Cegah PMK Tampak Wabup Mujib Imron saat masuk kandang memantau pemeriksaan terhadap ternak sapi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Pasuruan KH. mengajak para peternak untuk membuat untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK), sembari menunggu proses vaksinasi ke semua wilayah.

Hal itu disampaikan Mujib saat melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke sejumlah peternakan sapi milik warga di Kecamatan Purwodadi dan Tutur, Sabtu (25/06/2022) pagi. Seperti halnya menangkal Covid-19, menurutnya, juga mampu menangkal virus PMK untuk hewan ternak yang penularannya melalui udara.

Ia yakin dapat menangkal penyebaran virus PMK, layaknya ramuan empon-empon yang banyak diminum masyarakat saat kasus Covid-19 meningkat. Apalagi, saat ini distribusi belum merata.

Diketahui, Kecamatan Purwodadi merupakan wilayah kedua di Kabupaten Pasuruan dengan jumlah kasus positif PMK paling tinggi setelah Kecamatan Prigen. Karena itu, dua kecamatan tersebut mendapat prioritas dalam pendistribusian vaksin ternak PMK.

"Kita distribusikan vaksin ternak ini ke 24 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Namun ada beberapa wilayah yang kasusnya tinggi jelas jadi prioritas seperti Prigen, Purwodadi, Tutur, Lumbang, Lekok, Grati, dan Purwosari," katanya.

Simak berita selengkapnya ...