Direhab, Pendopo Panjalu Jayati Dikembalikan ke Bentuk Semula

Direhab, Pendopo Panjalu Jayati Dikembalikan ke Bentuk Semula Kondisi Pendopo Panjalu Jayati sebelum direhab.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - di Jalan Brigjen Katamso, Kota Kediri, sedang direhabilitasi mulai Senin (29/8/2022) hari ini hingga empat bulan ke depan.

Menurut Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Agus Sugiarta, rehab tersebut keinginan Bupati Hanindhito Himawan Pramana, agar dikembalikan ke fungsi dan bentuknya yang semula.

Ia mengatakan, bahwa Bupati Dhito menginginkan pendopo yang terbuka. "Rehab pendopo dikembalikan fungsi dan bentuknya seperti semula, bahwa pendopo ini rumah masyarakat yang memiliki arti keterbukaan," katanya.

Karena itu, rehab kali ini akan menghilangkan dinding dan jendela kaca pendopo agar masyarakat bebas keluar masuk. Selain itu, lantai pendopo dan bagian atap akan ditinggikan.

"Untuk lantai akan diganti dengan granit, sedangkan langit-langit diganti motif kayu," ungkap Agus.

Proses pengerjaan rehabilitasi diawali dengan selamatan di . Dhito, sapaan Bupati Kediri, meminta Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) mengawal proses jalannya rehab agar tidak dilakukan asal-asalan.

Berdasarkan amanat UU 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, bangunan masuk dikatakan sebagai cagar budaya jika usia pemanfaatannya minimal 50 tahun. Namun bangunan telah beberapa kali dilakukan perubahan.

"Ketika dimintai pertimbangan oleh Mas Dhito, ini sudah bisa direnovasi. Kita hanya melakukan revitalisasi terhadap pendopo ini, yang harus dipertahankan adalah pringgitan," tandas Imam Mubarok. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO