Perkuat Kearifan Lokal, Bupati Sidoarjo Sambut Positif Festival Seni Munali Patah 2022

Perkuat Kearifan Lokal, Bupati Sidoarjo Sambut Positif Festival Seni Munali Patah 2022 Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat menyerahkan penghargaan ke seniman di FSMP 2022. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Festival Seni Munali Patah (FSMP) 2022 mendapat sambutan positif dari Bupati , Ahmad Muhdlor Ali. Festival kesenian yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian (Dekesda) ini dinilai bisa memperkuat kearifan lokal (local wisdom) di Kota Delta.

"Local wisdom merupakan jati diri suatu daerah yang wajib terus dijunjung, karena kearifan lokal menjadi arah dan jati diri kabupaten yang kuat. Saya harapkan, dalam momentum kali ini jangan hanya menjadi Festival Munali Patah saja, tapi yang perlu dipikirkan bagaimana me-Munali Patah-kan ke depan lewat karya-karya dan peninggalan beliau," ujarnya, Sabtu (10/9/2022).

Gus Muhdlor (panggilan akrabnya) juga berharap para pelaku seni dan budaya di Kota Delta dapat terus menghidupkan peninggalan Munali Patah. Menurut dia, karya-karya Munali Patah harus terus dikenalkan ke masyarakat dan pelaku seni budaya diharapkan tidak pantang menyerah dan terus berinovasi.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat menutup acara puncak FSMP tahun ini. Selain bupati, kegiatan juga dihadiri Ketua DPRD , Usman; dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Tirto Adi.

Acara FSPM 2022 juga dihadiri para seniman, budayawan, pegiat literasi, pemuda dan pelajar di Kota Delta. Ratusan masyarakat umum juga tampak memadati halaman MPP yang menjadi lokasi acara puncak FSMP 2022.

Saat itu, Dekesda menyerahkan penghargaan Munali Patah Award 2022 kepada lima orang seniman dan budayawan yang dinilai memiliki dedikasi terhadap geliat seni budaya di . Ada lima kategori penghargaan.

Kategori Tokoh, diberikan ke almarhum Bambang Edy Sunarwan, yang diserahkan ke istrinya. Kategori Pelopor diberikan ke Gatot Kitranggono, kategori Pencipta diberikan ke Sentot Usdek, kategori Pelestari diberikan ke Ki Dalang Didik Iswandi dan kategori Muda Kreatif-Inovatif, diberikan ke Murlan.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':