Besok, Pasar Hewan Tikung Lamongan Dibuka Kembali

Besok, Pasar Hewan Tikung Lamongan Dibuka Kembali Pasar hewan di Kecamatan Tikung, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pasar hewan di Kecamatan Tikung, , kembali dibuka mulai besok, Minggu (9/10/2022). Pasalnya, pengendalian penyakit mulut dan kuku () yang menyerang hewan ternak sudah berhasil dan binatang yang sembuh berada di atas 60 persen serta cakupan vaksin mencapai 62 persen.

“Pembukaan kembali pasar hewan ini didasari kondisi ternak yang sudah sembuh dan vaksin yang sudah memenuhi,” kata Plt Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten , Umuronah, saat dikonfirmasi, Sabtu (8/10/2022).

Ia menyebut, berdasarkan Surat Keputusan Bupati yang merupakah hasil rapat koordinasi bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan kemarin, pasar hewan yang berada di Kecamatan Tikung sudah bisa dibuka dan bakal dilakukan secara resmi.

“Setelah melakukan rapat koordinasi persiapan pembukaan pasar hewan di , kami sepakat untuk membuka pasar hewan kembali setelah 5 bulan ditutup. Pembukaan dimulai Minggu 9 Oktober 2022, diawali oleh pasar hewan di Kecamatan Tikung yang sebenarnya sudah bisa beraktifitas ekonomi sekarang, dan akan dibuka secara resmi besok,” paparnya.

Meskipun sudah berhasil mengendalikan bahkan mampu menuntaskan kasus atau zero case di 2 kecamatan, tidak lengah untuk menegakkan kebijakan mencegah kenaikan angka . Pembukaan pasar hewan di pun dibarengi ketentuan yang mendukung operasional aktivitas pasar meliputi rutinnya penyemprotan disinfektan ke seluruh pasar hewan, tetap menjalankan vaksinasi pada ternak, peternak harus membawa sapi yang sehat, serta pelaku ekonomi di pasar diwajibkan mengenakan masker.

“Kami turunkan syarat dan ketentuan pada pembukaan kembali pasar hewan di , baik kepada ternak maupun peternak yang akan beraktifitas disana. Kami juga akan melakukan kolaborasi bersama Camat masing-masing agar terus melakukan monitoring dan evaluasi ke seluruh unit masing-masing,” urai Umuronah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO