Ketua DPRD Jember Sebut Monev dari KPK untuk Observasi Indeks Integrasi yang Rendah

Ketua DPRD Jember Sebut Monev dari KPK untuk Observasi Indeks Integrasi yang Rendah Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com menggelar monitoring dan evaluasi pencegahan korupsi terintegrasi yang berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha, , Rabu (9/11/2022). Ketua DPRD , Itqon Syauqi, mengatakan bahwa agenda tersebut untuk melakukan observasi atas temuan indeks integrasi yang rendah.

"Secara teoritis, ketika indeks integritas itu rendah, maka potensi terjadinya korupsi sangat besar. Nah ini yang dikhawatirkan," ujarnya usai megikuti kegiatan di Pendopo Wahyawibawagraha.

Menurut dia, perlu ada dorongan untuk memicu kinerja ASN di . Dari pembahasan monev bersama , Itqon menilai kelemahan saat ini ialah ASN bergerak menunggu perintah bupati atau bersifat top down.

"Mereka (ASN) harusnya mampu memberikan kontribusi dan masukan yang kontruktif kepada bupati. Baca tupoksinya, lakukan kreativitas, semuanya demi menunjang visi dan misi bupati. Jadi semangatnya adalah bottom up," paparnya.

Ia berencana akan mengumpulkan segenap ketua komisi di DPRD dan meminta mereka untuk menyampaikan semangat tersebut kepada para OPD. Itqon turut menekankan agar hal itu disampaikan secara berkelanjutan, sehingga pihak legislatif juga mampu menginventarisasi masukan dan langkah OPD ke depan.

"Kalau perlu tanyakan ke OPD-OPD: Hari ini masukan kamu ke bupati apa? Kamu menyarankan apa saja ke Bupati? Harus itu, biar nanti diinventarisir," pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO