Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital

Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital Kepala Diskominfo Kabupaten Kediri, Sri Ilham Wahyu Subekti. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menghadapi perkembangan media sosial di era digital saat ini, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan pelatihan kecakapan digital bagi kalangan anak muda.

Kegiatan pelatihan yang bertempat di Gedung Bagawanta Bhari pada Selasa (29/11/2022) itu diikuti anak muda perwakilan dari desa yang tergabung dalam organisasi karang taruna.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sri Ilham Wahyu Subekti, menyampaikan, karang taruna berisi anak-anak muda yang diyakini aktif dalam bermedia sosial, sebab saat ini kebanyakan anak muda memiliki telepon pintar yang terakses internet.

Kegiatan pelatihan yang diadakan tersebut ditujukan untuk menggerakkan anak-anak muda supaya bisa lebih aktif bergerak bersama membangun Kabupaten salah satunya lewat media sosial.

"Berdasarkan penelitian kita, responnya orang Kabupaten masih kurang untuk mendongkrak Kabupaten sendiri, malah banyak orang luar yang sangat merespon kita," kata Sri Ilham.

Melalui pelatihan itu, dia berharap anak-anak muda ikut tergerak memberi suport dalam membangun Kabupaten . Apalagi, Bupati Hanindhito Himawan Pramana telah menyampaikan 2023 Kabupaten masuk smart city.

Untuk menuju smart city tersebut, diperlukan kesiapan semua pihak. Tak hanya pemerintah, melainkan termasuk anak-anak muda yang berada dalam wadah karang taruna.

Selain menggerakkan anak muda di Karang Taruna, Sri Ilham mengaku pihaknya juga menggerakkan desa. Sebab suport smart village diperlukan untuk mendukung smart city.

"Mas Bup menyampaikan kalau sudah smart city semua harus sudah serba mudah, dan ini tidak bisa Kominfo sendiri, butuh kelibatan semua orang termasuk anak muda di Karang Taruna ini," urainya.

Disisi lain, melihat rencana beroperasinya bandara di Kabupaten pada Oktober 2023 mendatang, akan banyak orang dari luar daerah datang ke Bumi Panjalu.

Menghadapi hal itu, sangat diperlukan kerjasama semua pihak untuk ikut berperan aktif. Media sosial sangat efektif untuk mengenalkan UMKM, desa wisata maupun kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten kepada masyarakat luas.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO