Tri Maskada Surabaya Raya Siap Sukseskan Resepsi Puncak Satu Abad NU

Tri Maskada Surabaya Raya Siap Sukseskan Resepsi Puncak Satu Abad NU Tiga kepala daerah Surabaya Raya saat meninjau Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (5/2/2023). Foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Berbagai pihak menyatakan siap mensukseskan acara Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa, 7 Februari 2023. Diantaranya, tiga kepala daerah wilayah Surabaya Raya yang dikenal sebagai ‘’.

Mereka adalah , Bupati Sidoarjo , dan .

Ketiga kepala daerah berusia muda tersebut, mengunjungi Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu siang (5/2/2023). Ketiganya, tampak berbincang serius mengkoordinasikan sejumlah hal, terutama yang berkaitan dengan peran tiga kepala daerah tersebut.

“Kami bertiga hari ini kumpul di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tadi sudah diskusi dengan Mas dan Gus Yani. Kita sepakat bahwa ini adalah hajat bersama. Kita para kepala daerah sangat antusias menyambut Resepsi Puncak ,” kata Bupati Muhdlor.

“Alhamdulillah tadi rawuh meninjau langsung Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar,” sambung Gus Muhdlor, sapaan akrab .

Ia juga membeberkan, tiga daerah ini sangat lekat dengan NU, sehingga kolaborasi yang dilakukan bukan hanya karena ada event akbar NU, melainkan dibentuk lewat landasan historis yang kuat.

Sidoarjo pada masa lalu adalah salah satu pusat pendidikan Islam tersohor, bahkan KH Hasyim Asy'ari dan Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan pernah mengenyam pendidikan di daerah ini, tepatnya di Pondok Pesantren Siwalan Panji, Sidoarjo.

Surabaya, lanjut Muhdlor, adalah tempat berdirinya NU pada 16 Rajab 1344 atau 31 Januari 1926 di Surabaya. Di Surabaya pula, pda 22 Oktober 1945, terjadi peristiwa bersejarah kala ‘Resolusi Jihad’ dicetuskan KH Hasyim Asy’ari di Surabaya, yang kemudian membakar semangat perlawanan rakyat dalam melawan penjajah.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO