DPRD Jatim Dorong BUMD Jadi Pengungkit Ekonomi

DPRD Jatim Dorong BUMD Jadi Pengungkit Ekonomi Anggota Komisi C DPRD Jatim, Muhammad Fawait. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jatim berharap bisa berperan sebagai pengungkit ekonomi. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi C DPRD Jatim, Muhammad Fawait.

Politikus muda yang akrab disapa itu mengungkapkan hal tersebut usai hearing dengan mitra komisi C yang membidangi keuangan dan , seperti , BPR Jatim (Bank UMKM), Jamkrida dan Biro Perekonomian sebagai koordinator .

"Kami berharap bisa menjadi pengungkit ekonomi. Terutama sektor perbankan seperti dan Bank UMKM," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (11/5/2023).

Ketua Fraksi Partai DPRD Jatim ini mengatakan,  juga bisa berperan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat secara luas selain sebagai penyumbang APBD.

Pihaknya berharap, struktur kredit di dan Bank UMKM bisa berdampak kepada pertumbuhan ekonomi dalam rangka pengentasan kemiskinan. Karena itu perlu dilakukan penyaluran secara meluas dan diperbanyak di kantung-kantung kemiskinan.

"Perlu dilakukan penyaluran kredit lunak secara meluas pada sektor-sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan UMKM. Dengan demikian bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran di pedesaan serta kantung-kantung kemiskinan yang ada di Jatim," paparnya.

Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jatim 2020 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menyinggung adanya program gubernur yang positif, yakni dagulir atau dana bergulir, pinjaman lunak yang diperuntukan kepada sejumlah sektor.

Dana yang ada disejumlah organisasi perangkat daerah atau OPD Jatim itu, kata , bisa memberdayakan masyarakat dan pelaku UMKM lewat penyalurannya yang maksimal dan tepat sasaran. Menurut pria asal Jember ini, akses pinjaman lunak yang terbuka akan mengurai kemiskinan di Jawa Timur.

"Tadi disampaikan oleh Biro Perekonomian, ada sekitar Rp127 Miliar dana bergulir yang belum tersalurkan. Kami berharap dana ini segera tersalurkan kepada masyarakat untuk meningkatkan pertumbukan ekonomi," urai alumnus Pascasarjana UGM tersebut. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pemkab Nganjuk Terima Mobil URC Sekaligus Launching E-Retribusi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO