Kemenlu Beri Pembekalan Investasi Hilirisasi Bagi para Calon Duta Besar di Smelter Freeport

Kemenlu Beri Pembekalan Investasi Hilirisasi Bagi para Calon Duta Besar di Smelter Freeport Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi (kanan) menjelaskan progres pembangunan Smelter PTFI kepada Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Luar Negeri Muhsin Syihab (tengah). Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh bersama para calon konsul jenderal Republik Indonesia mendapat pembekalan dari (Kemenlu) RI.

Pembekalan itu diberikan saat mereka melakukan kunjungan ke proyek pembangunan smelter kedua milik () di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Rabu (24/5/2023) kemarin.

Peran penting investasi menjadi topik utama pembekalan terhadap para perwakilan tersebut. Sebab, investasi merupakan penunjang hilirisasi dan menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia di tahun 2023.

Muhsin Syihab, Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga (Kemenlu), menekankan bahwa para wakil Indonesia sebagai duta investasi mempunyai peran penting untuk menjalankan diplomasi ekonomi di panggung dunia.

"Kami mengantar para calon-calon duta besar yang akan segera ditugaskan ke negara-negara setempat, dan calon konsul jenderal yang akan ditugaskan ke negara-negara sahabat, karena kami memandang pentingnya diplomasi ekonomi termasuk juga investasi asing," ujarnya.

"Ini sangat inline dengan kebijakan pimpinan nasional. Khususnya, akhir-akhir ini Presiden Republik Indonesia di berbagai forum menjelaskan secara tegas kepada mitra-mitra beliau tentang perlunya hilirisasi," katanya.

Ia lalu mencontohkan proyek smelter yang merupakan bagian penting upaya dari menerjemahkan kebijakan dari pimpinan nasional.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO