Soal Wabah LSD, DPRD Pasuruan Segera Panggil Dinas Peternakan

Soal Wabah LSD, DPRD Pasuruan Segera Panggil Dinas Peternakan Fauzi, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Meski kasus penyakit lumpy skin disease () yang menyerang ternak sapi di Kabupaten Pasuruan belum dikategorikan kejadian luar biasa, namun kalangan anggota DPRD menaruh perhatian terhadap fenomena tersebut.

Ketua Komisi II , Fauzi, mengatakan pihaknya segera melakukan rapat koordinasi dengan dinas peternakan guna memastikan kasus ini tidak semakin menyebar. Sehingga, para peternak maupun masyarakat tidak panik.

"Saya sangat prihatin. Maka dari itu, kami akan melakukan pemanggilan kepada dinas terkait untuk mengatasi permasalahan ini. Mengingat kasus ini juga masih belum menyebar dengan luas," kata Fauzi saat ditemui di ruang komisi, Senin (29/5/2023).

Politikus Partai Gerindra ini menduga virus ini disebarkan melalui makanan konsentrat pada hewan. Namun, dugaan tersebut juga masih harus dipastikan dengan melakukan sidak ke lapangan serta observasi dan uji lab oleh intansi berwenang.

"Kami akan melakukan pengecekan dan turun ke lapangan secara langsung dan melihat kondisi ternak yang terinfeksi. Kami juga memastikan untuk saat ini tidak ada penutupan pasar hewan," lanjutnya.

Fauzi memastikan bahwa penyebaran penyakit ini masih terpantau normal. Kalaupun ada sapi yang terinfeksi, hanya di beberapa kecamatan. Berdasarkan data pada tanggal 23 Mei lalu, setidaknya ada 69 kasus ternak yang terkena virus .

Kasus paling banyak yakni di Kecamatan Gempol dengan total 20 kasus. Lalu disusul dengan Kecamatan Sukorejo dengan 17 kasus, dan 10 kasus di Kecamatan Beji. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO