Dinner Meeting, Gubernur Khofifah Diskusikan Potensi Kerjasama UK-Jatim di 4 Sektor

Dinner Meeting, Gubernur Khofifah Diskusikan Potensi Kerjasama UK-Jatim di 4 Sektor

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pertemuan dengan The UK Prime Minister's Trade Envoy to Indonesia, Malaysia, Philippines, and the ASEAN Economic Community, Richard Graham MP dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam dinner meeting di , Selasa (6/6).

Pada momen tersebut, mantan Menteri Sosial RI itu mendiskusikan potensi kerjasama Britania Raya dengan Jatim dalam sejumlah bidang, antara lain kesehatan, pendidikan, transportasi serta energi baru terbarukan.

Khofifah menyampaikan, Jatim merupakan provinsi terbesar kedua di Indonesia dalam hal jumlah penduduk. Hal itu berdasarkan sensus penduduk 2020, jumlah masyarakat Jatim mencapai 40,6 juta jiwa. Pada sektor perdagangan, Jawa Timur memiliki resonansi yang kuat terhadap dua puluh provinsi, terutama di Indonesia Timur.

"Di Indonesia Timur, hampir 80 persen logistiknya disupport oleh Jawa Timur. Karena produksi padi di Jawa Timur merupakan yang terbesar di antara semua provinsi di Indonesia, dan populasi sapi di Jatim juga terbanyak di antara seluruh provinsi di Indonesia," katanya.

Posisi Jawa Timur terhadap provinsi lain kian strategis didukung adanya jalur tol laut. Dari tiga puluh dua jalur tol laut di Indonesia, 27 diantaranya dari . Sehingga, biaya transportasi logistik laut khususnya ke Indonesia Timur menjadi lebih murah dan efektif.

"Jatim juga menjadi satu-satunya provinsi yang diberikan wewenang untuk mengelola pelabuhan dan bandara. Yaitu bandara di Malang dan pelabuhan di Probolinggo. Jadi keputusan Mr. Richard untuk datang ke sini dan bertemu kami sudah tepat," ujarnya.

Sedangkan, dalam sektor kesehatan dan pendidikan, Gubernur Jawa Timur Khofifah mengatakan bahwa Jatim telah menjadi pijakan bagi sebagian besar Indonesia Timur. Ini tentu saja dapat diperluas dengan sinergitas UK-Jatim dalam bidang pendidikan.

Terlebih, setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim dapat meyakinkan empat puluh lima perguruan tinggi Britania Raya untuk tertarik kepada Indonesia pada kunjungan terakhirnya ke Inggris.

Kemudian, orang nomor satu di lingkungan itu dengan bangga mengatakan bahwa sektor kesehatan Jawa Timur termasuk yang unggul di Indonesia. Pasalnya, Kementerian Kesehatan memberi wewenang kepada Jatim untuk melayani kesehatan bagi masyarakat Indonesia Timur.

"Pemerintah Provinsi Jatim punya 14 rumah sakit. Dan RS dr. Soetomo berdasarkan jumlah tempat tidur adalah yang paling banyak di Indonesia. Maka jika ada penguatan dari UK, ini akan sangat luar biasa," jelasnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO