Marak Tindak Kriminal Gunakan Senpi di Bangkalan, Kasatreskrim Janji Selidiki

Marak Tindak Kriminal Gunakan Senpi di Bangkalan, Kasatreskrim Janji Selidiki Ilustrasi.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam beberapa tahun terakhir di Kabupaten  marak tindak pidana kriminal menggunakan senjata api (senpi). Terbaru adalah peristiwa bentrokan di , Kecamatan Tanah Merah. Salah satu korban dalam kejadian itu menderita luka tembak.

Menanggapi hal itu, Kasatreskrim Polres , AKP Bangkit Dananjaya, berjanji akan melakukan penyelidikan tentang peredaran senpi. 

"Akan kami selidiki tentang peredaran senpi, apakah ada distributor atau produsen senpi ilegal di sini (), nanti akan kami tindak lanjuti," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Jum'at (9/6/2023).

Terpisah, Ketua Pengkab Perbakin , Joko Supriyono, menegaskan senpi yang digunakan para pelaku kriminal di sangat jauh berbeda dengan yang digunakan anggotanya.

"Yang digunakan di Perbakin itu senjata non-api, yang tujuannya untuk olahraga (atlet). Senapan angin yang digunakan. Kemudian airsoft gun, yang digunakan untuk permainan tembak reaksi," tegasnya.

Sedangkan aturan kepemilikan senpi, diatur berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 82 Tahun 2004. Regulasi itu menjelaskan beberapa kriteria dan syarat untuk mendapatkan izin senpi.

"Kalau di perbakin sangat tidak berkaitan dengan senpi, hanya senapan angin. Itu pun dilakukan data oleh pihak kepolisian secara berkala, juga ada aturan cara menyimpan dan membawanya. Tidak untuk menakut-nakuti orang lain," pungkasnya. (fat/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO