Bupati Madiun Berangkatkan Kirab Tari Dongkrek Dalam Peringatan Bersih Desa

Bupati Madiun Berangkatkan Kirab Tari Dongkrek Dalam Peringatan Bersih Desa Terlihat Bupati Madiun hadir ditengah masyarakat saat kirab Dongkrek di desa Mejayan. Foto : Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tari Dongkrek yang berasal dari Desa/Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, merupakan salah satu budaya lokal yang hampir tidak dikenal oleh para generasi muda.

Dalam mengenalkan budaya tersebut kepada kaum muda, Desa Mejayan menggelar napak tilas cerita asal muasal tarian Dongkrek, sekaligus dalam memperingati bersih desa.

Dalam kesempatan kali ini, terlihat turut hadir untuk memberangkatkan kirab tarian Dongkrek, sekaligus sebagai hiburan warga yang melihat dari tepi jalan sepanjang jalur kirab.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami () menjelaskan secara singkat, asal muasal tarian Dongkrek. Ia mengatakan, bahwa pencipta tarian ini adalah Palang desa Mejayan Raden tumenggung prawirodipuro dalam mengusir pageblug (wabah penyakit) maka diciptakan gamelan dongkrek.

"Banyak orang memahami Dongkrek adalah untuk mendatangkan setan. Namun hal ini sebenarnya untuk mengusir pageblug. Seperti yang dilakukan oleh Mbah Palang," ucap kaji Mbing dalam sambutannya sebelum memberangkatkan kirab, Minggu (6/8/2023).

Kirab tarian Dongkrek dan kreasi warga dimulai dari rumah Prawirodipuran Dusun Gendoman mengelilingi desa dan berakhir di lapangan Mejayan tersebut terlihat sangat meriah.

Sementara itu, Kepala Desa Mejayan, Gunayan saat diwawancarai media menjelaskan, lebih rinci tentang asal muasal tarian Dongkrek serta maksud diadakan kegiatan kirab ini.

"Sebenarnya maksud dari eyang Prawirodipuro dalam menciptakan Dongkrek karena pada masa itu banyak pageblug. Maka musik Dongkrek dibunyikan mengelilingi desa agar warga sehat semuanya. Dan kali ini kita lakukan kembali sebagai pengenalan budaya yang asli dari desa sini. Sekaligus sebagai sedekah bumi. Nanti kedepannya akan kita rutinkan setiap tahunnya. Dan bisa jadi akan kita lombakan merebutkan piala Bupati," tegas Gunawan. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO