Bupati dan Wabup Gresik Tingkatkan Kapasitas SID Kades se-Kecamatan Dukun

Bupati dan Wabup Gresik Tingkatkan Kapasitas SID Kades se-Kecamatan Dukun Bupati Gresik bersama para kepala desa se-Kecamatan Dukun dalam workshop SID. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, dan Wabup Aminatun Habibah memberikan pembekalan peningkatan kapasitas dan workshop Sistem Informasi Desa (SID) Desa Siap, di Hotel Horison, Selasa (8/8/2023), kemarin.

Kegiatan ini diikuti kepala desa (kades), sekretaris desa (sekdes), dan operator IT dari 26 desa se-Kecamatan Dukun.

Workshop SID bertujuan melakukan data secara online untuk memberikan transparansi kepada masyarakat , apa yang telah dilaksanakan dan dikelola desa secara digital.

Bupati mengatakan, selain menyusun perencanaan pembangunan desa yang berbasis data secara riil dan detaill, SID juga memudahkan desa menyusun data, serta informasi digital terkait kondisi objektif desa.

"Ini akan mengarahkan kerja pembangunan desa secara sistematis, terukur, terarah, berkelanjutan. Juga terkait kebutuhan warga. Tujuannya, untuk mempercepat pencapaian 18 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) desa," ucapnya.

Menurut Bupati Fandi Akhmad Yani, digitalisasi data menjadi jalan keluar sebagai penyelenggara pemerintah desa hingga tingkat pusat yang terintegrasi.

"Pentingnya SID desa SIAP ada good governance tingkat desa semakin akuntabel, transparan dan mudah diakses," tuturnya.

Bupati juga mengungkapkan pengelolaan keuangan desa yang dinilai Kementerian Keuangan RI. Ada sejumlah desa yang memperoleh penghargaan prospektif good governance dalam pengelolaan keuangan desa.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO