Pemkot Pasuruan Luncurkan Inovasi Gerilya Merdeka

Pemkot Pasuruan Luncurkan Inovasi Gerilya Merdeka Peluncuran Inovasi Gerilya Merdeka atau akronim dari gerakan imunisasi digital dengan penyulaman dan melindungi sasaran dengan imunisasi lengkap di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas kesehatan (Dinkes) meluncurkan Inovasi Gerilya Merdeka atau akronim dari gerakan imunisasi digital dengan penyulaman dan melindungi sasaran dengan imunisasi lengkap di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Sabtu (12/8/2023).

Terobosan ini menjadi langkah yang dilakukan oleh Pemkot untuk mempercepat capaian pelayanan imunisasi bayi dan balita sebagai upaya tercapainya Universal Childhood Immunization (UCI) 100 persen. UCI merupakan indikator tercapainya imunisasi dasar lengkap pada bayi (usia 0-11 bulan) maupun balita dalam suatu wilayah.

Berdasarkan data dari Dinkes Kota , capaian imunisasi baru mencapai 40,49 persen sampai dengan Juni 2023 dengan target 100% di akhir tahun ini. Dalam periode tersebut, hanya ada 10 kelurahan yang telah mencapai UCI di antaranya Kelurahan Karangketug, Petahunan, Wirogunan, Tembokrejo, Pohjentrek, Krampyangan, Bakalan, Mayangan, Petamanan, dan Pekuncen.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota , Saifullah Yusuf, mengajak para kader posyandu serta elemen pentahelix yang hadir dalam kegiatan ini untuk bersama-sama mensukseskan Gerliya Merdeka dan mewujudkan Kota meraih status UCI pada akhir tahun ini. Ia menyebutkan langkah ini membutuhkan kerjasama dari banyak pihak.

“Berhasil tidaknya kita melindungi anak kita sebagai generasi bangsa ini adalah melalui indikator UCI ini. Mari kita penuhi target UCI secara merata di seluruh kelurahan di Kota pada akhir tahun 2023. Kalau kita bekerjasama dan bergandeng tangan, maka ini akan terwujud,” ujarnya.

Pimpinan daerah yang akrab disapa itu menekankan, imunisasi adalah hak anak yang dilindungi oleh undang-undang. Pemenuhan imunisasi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal juga sebagai perlindungan tubuh dari serangan penyakit.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO