Siratan Agung Lanjar Maibit, Warisan Budaya dan Potensi Peningkatan PAD Desa

Siratan Agung Lanjar Maibit, Warisan Budaya dan Potensi Peningkatan PAD Desa Acara Siratan Agung Lanjat Maibit di kawasan wisata sendang Lanjar Maibit, dengan mengarak gunungan yang terbuat dari hasil pertanian masyarakat setempat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Warga , kecamatan Rengel, , menggelar Kirab Budaya dan Lanjar Maibit, guna lestarikan warisan budaya leluhur, Rabu (23/8/2023).

Rombongan kirab mulai bergerak menuju lokasi yang dilaksanakan di kawasan wisata sendang Lanjar Maibit, dengan mengarak gunungan yang terbuat dari hasil pertanian masyarakat setempat.

Rangkaian Kirab Budaya dan mampu menarik antusiasme warga, baik dari dalam maupun luar .

Warga yang memadati rute kirab budaya dan kawasan Sendang Maibit mengabadikan momen tersebut di gawai masing-masing.

Kepala , Ahmad Ali mengatakan, kegiatan kirab budaya dan siratan agung lanjar maibit sudah menjadi agenda rutin tahunan dan menjadi bagian dari kegiatan masyarakat desa yang terus dilestarikan.

Adanya warisan budaya leluhur tersebut, lanjut Kades Maibit, juga memiliki potensi yang luar biasa sehingga perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD desa.

"Pelestarian budaya ini seiring dengan pengenalan dan edukasi budaya kepada generasi muda. Sehingga keragaman budaya senantiasa terwariskan sekaligus menjadi obyek wisata budaya ," jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya, setiap momen siratan mampu menghadirkan pelaku usaha, utamanya pedagang kecil. Dengan harapan mampu mendongkrak promosi potensi desa tersebut, salah satunya Sendang Maibit dan Bumi Perkemahannya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO