Resmikan 10.550 Panel Surya, Khofifah: PT HM Sampoerna Jadi Contoh Penguatan Renewable Energy

Resmikan 10.550 Panel Surya, Khofifah: PT HM Sampoerna Jadi Contoh Penguatan Renewable Energy

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10.550 panel surya yang dipasang di ground mounted fasilitas produksi PT. HM Sampoerna Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, diresmikan Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, Jumat (1/12).

Panel surya sebanyak itu terpasang di area seluas 7 hektare. Nantinya jika beroperasi maksimal, akan menghasilkan kapasitas listrik sebesar 7 megawatt peak (MWp). Jumlah itu setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana.

“Alhamdulillah, sebanyak 10.550 panel surya sudah siap untuk diluncurkan sebagai bagian dari komitmen untuk menguatkan renewable energy di basis perusahaan ," kata Gubernur dalam sambutan peresmian.

Peresmian ini ditandai dengan penekanan layar LED yang dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur didampingi Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto, dan President Director PT. HM Sampoerna Tbk Vassilis Gkatzelis. Peresmian juga disertai dengan penanaman 999 pohon di area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

Gubernur berharap, apa yang dilakukan ini bisa menjadi contoh perusahaan lain, yaitu beralih dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

Penerapan EBT bertujuan untuk penurunan emisi gas rumah kaca dan pencapaian target bauran energi di Jawa Timur. Potensi EBT di Jawa Timur, khususnya pembangkit listrik tenaga surya () sebesar 176.390 MW (megawatt). Jumlah itu merupakan aset daerah yang harus dikelola dengan baik melalui perencanaan yang tepat.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO