May Day, Ribuan Buruh Asal Sidoarjo Bergerak ke Surabaya, Ini Tuntutannya

May Day, Ribuan Buruh Asal Sidoarjo Bergerak ke Surabaya, Ini Tuntutannya Sejumlah buruh dari Sidoarjo yang bergerak ke Surabaya untuk melakukan aksi demo di depan gedung Grahadi, dalam peringatan hari buruh sedunia, Rabu (1/5/2024).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ribuan buruh asal Sidoarjo bergabung dengan buruh dari kota lain menggelar demo di kantor Grahadi Surabaya.

Buruh tersebut merupakan perkumpulan dari beberapa elemen, diantaranya, FSPMI, SPSI, FSP RTMM SPSI, FSP LEM SPSI, FSP KAHUT SPSI, SPN, KSPI, SARBUMUSI, FSBI dan FSRP-KSN Sidoarjo.

Dalam demo tersebut, mereka menuntut Pergub Perlindungan Naker, pengesahan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT), Perda jaminan pesangon, alokasi APBD untuk BPJS Kesehatan rakyat miskin, tolak upah dan pesangon murah, dan tolak outsourcing.

Sejak pagi para buruh berkumpul di alun-alun Sidoarjo, kemudian bergerak ke Surabaya dengan menggunakan sepeda motor, mobil, bus hingga membawa 9 unit mobil komandan.

Koordinator aksi dari SPN, Nurhidayat mengatakan, pemerintah harus mencabut Omnibus Lay atau UU nomor 6 tahun 2023, tentang Cipta Kerja. Kemudian, mewujudkan jaminan sosial seperti, pemerintah menanggung jaminan sosial masyarakat, mulai dari lahir hingga meninggal dunia. Selain itu, para buruh juga meminta perlindungan jaminan untuk uang pesangon.

"Selain itu wujudkan jaminan perlindungan terhadap pekerjaan. Wujudkan upah yang layak untuk kesejahteraan Pekerja dan keluarganya," kata Nurhidayat di alun-alun Sidoarjo, Rabu (1/5/2024)

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO