Menteri Sandiaga Uno Segera Groundbreaking Destinasi Wisata Religi Makam KH Abdul Chalim

Menteri Sandiaga Uno Segera Groundbreaking Destinasi Wisata Religi Makam KH Abdul Chalim Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, foto bersama dengan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan para tokoh dan pejabat Jawa Barat di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jalan Medan Merdeka Barat 17 Jakarta, Jumat (18/5/2024). Foto: M Mas'ud Adnan/ BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (/Kabaparekraf) akan segera melakukan groundbreaking makam , salah seorang kiai pendiri NU dan pejuang kemerdekaan RI.

“Teserah, kapan. Saya menyesuaikan waktunya dengan waktu Pak Kiai,” kata Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, saat menerima Prof Dr , MA, putra , di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () di Jalan Medan Merdeka Barat 17 Jakarta, Jumat (18/5/2024).

Saat pertemuan dengan dan rombongan, Sandiaga Uno, yang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu didampngi Hariyanto, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur dan para direktur serta staf yang lain.

Sementara didampingi Prof Abdul Halim (dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Dr Saepulloh (Ketua Pergunu Jawa Barat), Habib Hasan Mulahela, Farid Wajdi (Pesantren Buntet Jawa Barat) dan M Mas’ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.

“O, owner HARIAN BANGSA,” kata Sandiaga Uno sembari mengarahkan pandangannya pada Mas’ud Adnan.

Yang menarik, dalam pertemuan itu para tokoh dan pejabat pemerintah Jawa Barat, mulai tingkat desa hingga kecamatan, kabupaten dan provinsi hadir semua. 

Pantauan BANGSAONLINE di kantor Jakarta, mereka yang hadir antara lain Camat Leuwimuning Aay Kandar Nurdiansyah, S.STP, Kuwu Aang Rukman Lesmana, Kuwu Leuwikujang, H. Juhaeni, Kadis Pariwisata Kabupaten , H. Ida Heryani, S.KM, M.Kes, dan juga Kepala Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02 , Syaruddin Jaya.

Dari kiri ke kanan: Prof Dr Abdul Halim, Prof Dr , MA, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, dan Hariyanto. Foto: M Mas'ud Adnan/ BANGSAONLINE

Sementara dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat hadir perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Biro Kesra Setda Provinsi Jawa Barat.

Sandiaga Uno tampak sangat takdzim kepada . Ia yang semula sudah mau masuk ruangan dan mengucapkan salam tiba-tiba balik lagi untuk ambil kopiah. Ia mengaku tak enak menemui jika tanpa kopiah.

“Saya bersama Pak Deputi sebenarnya sudah ada di Bali. Untuk persiapan World Water Forum ke-10,” kata Sandiga Uno. Tapi karena mendapat laporan mau datang ke kantornya ia langsung terbang ke Jakarta. 

“Besok balik lagi ke Bali,” kata Sandi yang disambut tawa para tokoh yang hadir.

Ia menjelaskan bahwa kementerian yang dipimpinnya punya program 3.000 desa wisata. Yang juga diikuti kuliner atau makanan wajib halal.

Menurut Sandi, selama ini kita kekurangan desa wisata, termasuk destinansi wisata religi. Padahal masyarakat sangat butuh.

“Istri saya termasuk penggemar KFC. Bukan Kentucky Fried Chicken. Tapi Kuburan Fans Club,” kata Sandiaga Uno. Lagi-lagi disambut tawa peserta pertemuan yang memenuhi ruang pertemuan kantor .

Sandi menegaskan bahwa destinasi wisata halal itu akan mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama UMKM. Dan ini otomatis membutuhkan tersedianya makanan halal.

Sandiaga Uno memegang buku sejarah dan Kiai Miliarder Tapi Dermawan serta kotan HARIAN BANGSA. foto: m mas'ud adnan/bangsaonline

Karena itu Sandiaga Uno mendukung penuh kawasan dijadikan . “Pokoknya saya tergantung waktu Pak Kiai,” kata Sandiaga Uno lagi.

Artinya, kapan pun Sandiaga Uno siap meluncur ke Jawa Barat untuk melakukan groundbreaking untuk memulai pembangunan dan pengembangan kawasan sebagai .

Sandi Uno bahkan langsung memerintahkan jajarannya agar dimasukkan ke dalam jelajah jalur destinasi wisata .

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO