Pengerjaan Proyek Pasar Ikan Modern Gresik Senilai Rp 59 M Molor

Pengerjaan Proyek Pasar Ikan Modern Gresik Senilai Rp 59 M Molor  Proyek Pasar Ikan Modern di Jalan Raya Lamongan, Cerme. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Proyek Pasar Ikan Modern, di Jalan Raya Lamongan Kecamatan Cerme, yang ditargetkan rampung pada bulan Agustus 2015 kemarin tidak terbukti. Hingga bulan Oktober ini, pengerjaan proyek ternyata belum rampung.

Dengan demikian, belum bisa dipastikan kapan proyek yang digadang-gadang Bupati-Wabup Gresik, Sambari Halim Radianto-Moh Qosim, bisa membangkitkan kejayaan perikanan di Kabupaten Gresik ini bisa tuntas.

Sebelumnya, Kepala DKPP (Dinas Kelautan,Perikanan dan Peternakan) , Langu Pindingara memastikan bahwa proyek ini rampung Agustus 2015. "Proyek akan diresmikan Pak Bupati, Sambari Halim Radianto," kata Langu baru-baru ini.

Menurut Langu, proyek Pasar Ikan Modern belum bisa diresmikan hingga bulan Oktober 2015, sebab masih ada beberapa bangunan yang belum rampung dikerjakan. Bangunan itu di antaranya, stan-stan penjualan ikan di bagian belakang.

Sedangkan, ruko di deretan depan meski bangunannya sudah finishing (mau rampung), namun masih ada beberapa bagian yang belum rampung seperti pintu rolling dor dan lainnya. "Saya optimis Pasar Ikan Modern rampung tahun ini," pungkas Langu.

Proyek Pasar Ikan Modern merupakan proyek kerjasama antara Pemkab Gresik dengan PT Lumbung Putra Kalimantan. Pendanaan proyek tersebut semuanya ditanggung oleh PT Lumbung, dengan total investasi Rp 59 miliar. Sedangkan Pemkab Gresik menyediakan lahan sekitar 3,2 hektar.

Nantinya, kalau proyek itu rampung, maka akan dikerjasamakan dengan sistim BOT (Build Operate Transfer). Di mana, pihak investor PT Lumbung selain yang mendanai 100 persen dana pembangunan sebesar Rp 59 miliar, juga yang akan mengelola pasar ikan terbesar di Kabupaten Gresik tersebut selama 30 tahun.

Diestimasikan pihak investor selama 30 tahun mengelola pasar tersebut, biaya investasinya sudah kembali dan mendapatkan untung. Setelah itu, aset Pasar Ikan Modern diserahkan ke untuk dikelola. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO