Sudah Dipesan, Pesawat N219 belum Punya Nama

Sudah Dipesan, Pesawat N219 belum Punya Nama Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso bersama Chief Engineering N219 Palmana Bhanandhi (kanan) melihat kokpit pesawat N219. foto: kompas

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan enggan menyebutkan nama yang akan disematkan pada N219. Ia mengatakan, pemberian nama untuk itu akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

“Presiden sendiri yang akan memberikan nama,” ujar Luhut seusai penampilan perdana N219 di Hanggar PT Dirgantara Indonesia Kota Bandung, Kamis, (10/12) dilansir kompas.com.

Meski didesak soal nama itu, Luhut hanya tersenyum dan kembali menegaskan, pada saatnya nanti, Presiden akan langsung memberikan nama untuk N219.

Seharusnya, selain tampil perdana, N219 akan mendapatkan nama dari presiden. Namun, karena presiden berhalangan hadir meka baru itu batal punya nama. “Presiden sedang flu,” ungkap Luhut dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut, Luhut membacakan sambutan dari Presiden Jokowi. Dalam sambutannya, presiden mengatakan, terbang merupakan salah satu moda transortasi penting di Indonesia.

Sebab selama ini, penerbangan di daerah-daerah terpencil Indonesia dilayani jenis Twin Otter yang jumlahnya terbatas dan sudah melampaui usia layak terbang.

“Karena itu saya menyambut baik upaya N219 oleh industri dalam negeri. Ini akan mempercepat konektivitas yang menghubungkan nusantara,” kata Presiden dalam sambutan tertulisnya itu.

N219 dirancang untuk melayani bandara-bandara terpencil di Indonesia yang berlandas pacu pendek, belum beraspal dengan kondisi geografis berbukit-bukit.

Sumber: kompas.com

Lihat juga video 'Minta Pesawat yang Bisa Mendarat di Matahari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO