Karcis Parkir Surabaya kini Berhadiah Langsung

Karcis Parkir Surabaya kini Berhadiah Langsung Karcis parkir baru Surabaya. foto: devi fitri/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota mulai hari ini mengeluarkan karcis parkir baru berhadiah langsung untuk pengguna parkir tepi jalan umum (TJU) di seluruh Kota . Kebijakan ini sesuai Perwali No. 36 dan 37 tentang retribusi parkir.

“Tarif tetap namun ada hadiah langsung dengan cara menggosok karcis. Kita harapkan pengguna jasa parkir meminta karcisnya. Ini tidak hanya masalah hadiahnya tapi, karcis parkir merupakan bukti parkir,” kata Plt Kepala Dishub Kota Irvan Wahyu Drajad.

Karcis parkir terbaru dilengkapi hologram pengaman agar tidak mudah dipalsukan. Sebelumnya parkir berlangganan sudah pernah diterapkan di namun undiannya satu tahun sekali. Hal itu dianggap kurang menarik bagi pengguna jasa parkir.

Ada 900 item hadiah. Dishub juga sedang menjajaki kerjasama dengan swasta untuk penambahan hadiah. “Jadi, bagi yang belum beruntung karcisnya jangan buru-buru dibuang. Nanti mungkin ada program undian balot tapi ini masih dalam tahap penjajagan,” terang dia.

Penerapan karcis parkir berhadiah langsung ini bertujuan untuk memacu agar para pengguna jasa parkir meminta karcis dari jukir. Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi potensi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir TJU.

Kebijakan parkir berhadiah langsung ini diapresiasi positif oleh Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur. Said Sutomo dari YLPK Jatim menuturkan, karcis parkir berfungsi sebagai dasar bukti pengaduan konsumen. Dia mengimbau masyarakat meminta karcis sebagai perlindungan terhadap dirinya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO