Bolos Sekolah, Puluhan Siswa SMK 3 Bondowoso Digerebek Satpol PP

Bolos Sekolah, Puluhan Siswa SMK 3 Bondowoso Digerebek Satpol PP ilustrasi

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Puluhan siswa SMKN 3 Bondowoso digerebek Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) karena ditemui bolos sekolah. Puluhan siswa tersebut ngopi dan merokok di dua warung milik B. Ruk (60) dan Haryono (38) yang tak jauh dari sekolah.

Sumbriono selaku kasi operasional Satpol PP mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya mendapat info dari masyarakat sekitar kalau ada siswa bolos. Kemudian pihak Satpol PP mengkerahkan satu peleton pasukan untuk menuju ke lokasi tempat bolosnya siswa.

"Ternyata kita temui puluhan siswa bolos dan tidak mengikuti mata pelajaran," ujarnya Rabu (28/9).

Usai digerebek, pihak Satpol PP kemudian menyerahkan puluhan siswa tersebut ke pihak sekolah untuk diberikan pengarahan dan pembinaan supaya tidak mengulangi lagi. "Siswa ini bukan hanya sekarang yang bolos, tapi setiap hari. Jadi kita serahkan kepada sekolah, biar diberikan pengarahan dan pembinaan," imbuh Sumbriono.

Sementara itu, Kepala sekolah SMK 3 Bondowoso, Muji Prihadi menjelaskan, siswa yang bolos ini didominasi oleh siswa kelas XII. Sedangkan motif dari bolosnya puluhan siswa ini dikarenakan saling mengajak satu sama lain. 

"Sebenarnya yang bolos ini hanya beberapa orang saja, tapi kemudian mengajak teman-temannya yang lain, akhirnya yang lain ikut bolos," ujar Muji saat ditemui di ruang pembinaan siswa.

"Nanti kita akan panggil orang tuanya untuk kita berikan teguran, supaya ada efek jera. Karena kita menginginkan sekolah ini mencetak kedisiplinan, baik itu dari guru maupun siswa," tambahnya.

Muji berharap semua siswa tidak mengulangi lagi. "Jika siswa mengulangi lagi, maka kita akan menindak lebih tegas. Atau seandainya diizinkan oleh kepala dinas pendidikan maka kita akan serahkan ke orang tuanya masing masing," tegas Muji. (bws1/gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO