Menelusuri Jejak Kampung Religi di Surabaya (5): Warga Malaysia pun Berminat Belajar di LPBA MASA

Menelusuri Jejak Kampung Religi di Surabaya (5): Warga Malaysia pun Berminat Belajar di LPBA MASA Gedung LPBA MASA berlantai tiga di komplek makam Sunan Ampel. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

MASJID Agung Sunan Ampel (MASA) merupakan salah satu peninggalan Kanjeng Sunan Ampel sebagai tempat berdakwah serta mengkader para ulama dan cendekiawan. Untuk mengembangkan dakwah Sunan Ampel agar lebih membumi, pada tanggal 20 Agustus 1983 M/12 Dzulqo’dah 1403 H didirikanlah Lembaga Pengajaran Bahasa Arab Masjid Agung Sunan Ampel (LPBA MASA) Surabaya.

Lembaga pendidikan tersebut berdiri atas inisiatif Nadlir Masjid Agung Sunan Ampel, yakni KH Nawawi Muhammad dan Ustadz HA Hadi Dahlan, Lc.

“Ada dua lembaga pendidikan resmi yang dimiliki Masjid Agung Sunan Ampel (MASA), yakni LPBA MASA sebagai lembaga kursus, serta Stibada MASA, sebagai sekolah tingginya,” jelas Direktur LPBA MASA Ahmad Hifni Kepada BANGSAONLINE.com.

LPBA ini tidak hanya mengajarkan Bahasa Arab saja, tapi ternyata juga mengajarkan beberapa materi seperti Muhadatsah, Qiro’ah, Ulumul Quran, Tafsir, Hadist, Kebudayaan, Percakapan, Nahwu, Sorof, Balaghoh, Tauhid dan lain-lain.

“Bahasa Arab dipakai sebagai pengantar kegiatan belajar mengajar, sama seperti di metode pendidikan di pesantren umumnya. Lulus dari LPBA ini siswa-siswi akan dibekali sertifikat kursus,” imbuh Gus Hifni, sapaan akrab Ahmad Hifni.

LPBA MASA Surabaya ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk terampil dan mahir berbahasa arab. Diasuh oleh para guru alumni Timur Tengah, dengan materi yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Masa pembelajarannya (studi) membutuhkan waktu selama dua tahun (4 semester). Proses belajar mengajar dimulai pukul 07.30 sampai pukul 11.30 WIB.

“Untuk menjadi siswa-siswi LPBA MASA ternyata tidak membutuhkan syarat-syarat khusus, yang penting mampu menerima semua pelajaran. Beda dengan Stibada MASA yang mewajibkan calon mahasiswanya lulusan dai SMA, SMK maupun MA,” kata Lubis Abdullah, salah satu pengurus LPBA MASA.

Lihat juga video 'Semua Penonton Bioskop Disalami, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (18)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO