M. Jassin, Polisi Pencetus Polri yang Terlupakan Jasanya

 M. Jassin, Polisi Pencetus Polri yang Terlupakan Jasanya AKBP. dr. Dody Eko Wijayanto

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Jawa timur melalui Satuan Pembina Masyarakat (Satbinmas) menggelar lokakarya kepahlawanan M. Jassin, sang pencetus Polisi Republik Indonesia (Polri) yang tak diakui jasanya hingga kini, di aula SMA St Louis Surabaya, Sabtu (11/11).

Dalam acara itu, Kepala Satbinmas AKBP. dr. Dody Eko Wijayanto menghadirkan seorang guru besar Universitas Surabaya Prof. Dr. Aminudin Kasdi. M Jassin adalah seorang pejuang yang mencetuskan istilah Polri pada 21 Agustus 1945, sedangkan saat ini Polri memilih hari jadinya pada tanggal 1 Juli.

Untuk itu, AKBP dr. Dody Eko Wijayanto berpendapat bahwa seharusnya hari Polisi jatuh pada tanggal 21 Agustus, bukan 1 Juli. Ini didasarkan pada fakta sejarah tentang Polri.

"Memang ada wacana terkait hari kelahiran Polri jika dikaitkan dengan sejarah adalah ketika Pak Jassin memprokamirkan Polisi istimewa itu menjadi Polisi Republik Indonesia. Ada monumennya juga di jalan Polisi Istimewa Surabaya. Barangkali lebih mengena jika hari polisi diperingati tanggal 21 Agustus," jelas AKBP Dody.

Dody akan membentuk sebuah panitia yang mengkaji wacana ini dan berniat digulirkan melalui seminar lokakarya hingga nasional.

"Sementara kita sebagai pengungkit sejarah, terutama dari media, kita viralkan agar ada tanggapan segala macam. Nanti akan mengerucut dalam seminar nasional dan kita rekomendasikan ke pusat semoga pak Kapolri mempertimbangkan usulan kita," terang dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO