​DPRD Jatim Apresiasi Kinerja Bapenda

​DPRD Jatim Apresiasi Kinerja Bapenda Irwan Setiawan, Anggota Komisi C DPRD Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jawa Timur memberi apresiasi terhadap kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim. Apresiasi itu diberikan atas capaian pendapatan asli daerah (PAD) Badan pendapatan yang melampaui target.

Menurut anggota Komisi C DPRD Jatim Irwan Setiawan, tren positif di awal tahun ini menjadi angin segar bagi Pemprov Jatim. Hal ini terungkap saat Komisi C melakukan kunjungan kerja ke UPT Bapenda Malang kota pada hari Jumat, 2 Februari 2018. Persentase PAD pada bulan Januari tahun 2018 dibandingkan dengan bulan Januari 2017 yaitu 8.22 persen, meningkat dari 7.80 persen.

Peningkatan tersebut hampir dari seluruh jenis PAD kecuali PAP dan RJU. Untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) capaian pada bulan Januari tahun 2018 meningkat dari capaian bulan Januari tahun 2017, yaitu 9.33 persen meningkat dari 9.03 persen, BBNKB 10.73 meningkat dari 9.30 persen, dan PBBKB 9.40 persen meningkat dari 8.96 persen.

“Capaian kinerja PAD pada awal tahun ini tentunya menggembirakan. Kami mengapresiasi kinerja Bapenda dan terus mendorong agar kinerja ini ditingkatkan,” tutur politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu, Kamis (8/2).

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Jatim ini mendorong upaya-upaya peningkatan PAD melalui koordiansi dengan instansi terkait. Termasuk operasi gabungan bersama Polri, penagihan secara gropyokan, pengiriman SMS jatuh tempo, peningkatan sosialisasi, peningkatan pelayanan sebagaimana disampaikan oleh kepala UPT pada saat kunjungan kerja.

“Yang juga perlu diapresiasi lagi, tingkat ketidaktaatan masyarakat dalam pembayaran PKB terus mengalami penurunan. Pada tahun 2017 turun sekitar 10.64 persen pada UPT Malang Kota,” beber Irwan. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO