​Harga Beras Tinggi, Petani di Pacitan Ketir-ketir

​Harga Beras Tinggi, Petani di Pacitan Ketir-ketir Hadi Purnomo, salah seorang petani di Pacitan. foto: Yuniardi Sutondo/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Mendekati musim panen, di masih stabil tinggi. Petani pun sangat mengeluhkan kondisi tersebut, sebagaimana diungkapkan Hadi Purnomo, salah seorang petani.

Menurutnya, kenaikan membuat petani sangat kesulitan menjual hasil panennya. Sebab, daya beli masyarakat menjadi lesu, sekalipun kebutuhan akan beras merupakan kebutuhan primer yang harus mereka penuhi.

"Harusnya kita senang saat musim panen melambung, tapi ini justru sebaliknya. Di saat mendekati panen raya, tetap tinggi. Petani ketir-ketir tak bisa menjual gabah panenannya," terangnya, Selasa (6/3).

Sipur, begitu pensiunan PNS yang sekarang ini beralih profesi sebagai petani tersebut mengungkapkan, panenan ada di kisaran Rp 14.000 per kilogramnya (kg).

"Mestinya saat sebelum kenaikan, paling tinggi di kisaran Rp 9.000 per kg. Kalau harga tak segera turun, petani sangat kesulitan menjual. Sementara di pasaran beras panenan dari luar daerah cukup banyak masuk di ," keluhnya.

Terkait persoalan tersebut, ia berharap segera ada penyikapan pasar agar petani di bisa lebih berdaya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO