Mahasiswa Unesa Ciptakan Aplikasi NexApp untuk Permudah UNBK

Mahasiswa Unesa Ciptakan Aplikasi NexApp untuk Permudah UNBK

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Melalui Program Kreativitas Mahasiswa, Umi Mukimatur Rohmah bersama empat orang temannya membikin aplikasi untuk mendukung UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Umi Mukimatur Rohmah, mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 bersama keempat orang temannya Ayu Sinta Dewi (Pendidikan Ekonomi 2014), Andini Tri Lestari (Pendidikan Ekonomi 2014), Anggun Tri Pamungkas (Pendidikan Ekonomi 2015), dan Nur Rizal Nadif Fikri (Teknologi Informatika 2014) membuat aplikasi bernama NexApp untuk mendukung siswa dan sekolah-sekolah untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komuter. Aplikasi NexApp merupakan kepanjangan dari National Examination Application. Saat ini aplikasi NexApp sedang dalam proses pengajuan hak cipta, hak paten, dan hak merek.

Umi dan kawan-kawan membuat aplikasi NexApp dilatarbelakangi oleh diberlakukannya Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMP dan SMA sejak tahun 2014. Mereka juga mengacu pada undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dikenal juga dengan Computer Based Test (CBT) yang merupakan pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan bantuan komputer sebagai media ujiannya yang merupakan perbaikan dari pelaksanaan ujian berbasis kertas Paper Based Test (PBT).

“jJadi latar belakang kami membuat aplikasi ini karena sekarang Ujian Nasional mengharuskan CBT, sedangkan try out/simulasi hanya dilakukan beberapa kali. Selain itu daerah-daerah yang mungkin belum terbiasa menggunakan CBT. Dari situ kami membuat aplikasi NexApp untuk memudahkan siswa SMP dan SMA untuk menghadapi Unas,”uUngkap Umi.

Pembuatan aplikasi NexApp pada awalnya diusulkan pada Program Kreativitas Mahasiswa. Karena kreativitas produk yang diusulkan berhasil lolos, mereka mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp 9 juta.

Saat ini bayak sekali ditemukan aplikasi serupa yang bisa didownload di berbagai situs online. Namun NexApp mempunyai berbagai keunggulan di antaranya,

  • Aplikasi NexApp ini berbasis web dan android
  • Terdapat dua jenis, yang pertama bisa untuk sekolah, untuk paket ini sekolah akan diberikan hak akses untuk membuka data siswa ketika melakukan Try Out dan satunya adalah aplikasi untuk siswa per individu.
  • Soal-soal diambil dari bank soal yang sudah divalidasi dan disesuaikan dengan kisi-kisi Unas.
  • Setiap melakukan Try Out di aplikasi NexApp soal-soal akan diacak lagi dan diperbaharui. Jadi soal tidak diulang-ulang.

Sumber: *Nindy A N P

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO