Gus Ipul Ziarah ke Makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

Gus Ipul Ziarah ke Makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik Gus Ipul didampingi Ketua PKB Gresik Moh.Qosim saat ziarah di Makam Kanjeng Sepuh, Sidayu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf () mengunjungi Kabupaten Gresik, Jumat (27/4/2018). Kunjungannya diawali dengan sholat Jumat di Masjid Besar Kanjeng Sepuh, Sidayu.

Keponakan Gus Dur ini tiba di Masjid tepat pukul 11.15 WIB dan langsung masuk untuk menjalankan sholat sunah dilanjutkan dengan iktikaf.

Usai sholat,  beranjak keluar masjid setelah hampir seluruh jemaah sudah meninggalkan masjid. Ia selanjutnya menuju ke kompleks Makam Kanjeng Sepuh yang berada di belakang Masjid.

Di makam Kanjeng Sepuh, didampingi Ketua DPC PKB Gresik Moh. Qosim lantas membacakan tahlil, surat Yasin serta doa. "Selama ada kesempatan saya selalu pindah masjid karena ingin mencari keberkahan hari Jumat," paparnya.

Menurutnya, ziarah dengan datang ke makam bisa mengingatkan dirinya untuk menjaga warisan leluhur. Selain itu, ziarah menurutnya juga berfungsi untuk meleadani akidah yang selama ini ditanamkan oleh para tokoh pendahulu.

"Dengan begitu, kita sambung dengan kakek, nenek, mbah-mbah kita. Kita memelihara tradisi sambil tetap memasukkan nilai baru sesuai perkembangan zaman tanpa harus lepas dari sesuatu yang diwariskan leluhur," terang mantan Ketua Umum GP Ansor dua periode ini.

"Dengan berziarah makam, bisa mengambil pelajaran hidup sesepuh bagaimana mereka telah dengan tulus mengabdi pada umat, menyisihkan sebagian waktu, dan harta untuk kepentingan Umat. Keteladanan seperti itu yang kita inginkan dan kita pelajari dari berziarah ke makam-makam para leluhur kita," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO