Songsong MEA, Koperasi di Surabaya Dituntut Kreatif

Songsong MEA, Koperasi di Surabaya Dituntut Kreatif BINCANG – Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat berbincang dengan pedagang di Sentra Ikan Bulak (SIB), di Kenjeran, Surabaya, Minggu (7/9/2014). foto : Humas Pemkot Surabaya untuk BangsaOnline

SURABAYA (BangsaOnline) – Menyambung berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengajak para untuk kreatif menjalankan kegiatannya. Harapan ini disampaikan Tri Rismaharini kala dialog interaktif Gerakan Koperasi Kota Surabaya Menyongsong MEA, di Sentra Ikan Bulak (SIB), di Kenjeran, Minggu (7/9/2014).

Tri Rismaharini mengajak seluruh pengurus di Surabaya untuk menyiapkan diri menyambut MEA. Per 1 Januari 2015, menurut Risma, masyarakat Surabaya akan berhadapan langsung secara ekonomi dengan warga Negara ASEAN. “Kita tidak hanya sekedar melakukan kerjasama dengan mereka. Melainkan mereka bisa saja menguasai mata pencaharian kita. Makanya, kita perlu menyiapkan diri kita secara personal maupun organisasi (,red),” ucapnya.

Kata Risma, tidak hanya fokus pada simpan pinjam saja. Melainkan harus ada inovasi dari pegurus untuk memajukan . Seperti harus bisa membuat produk sendiri untuk dijual. Dengan begitu perputaran uang di akan semakin besar. Minimal menjual bahan kebutuhan sehari-hari.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (MUKM) Surabaya, Hadi Mulyono

menjelaskan pertumbuhan di Surabaya cukup menggembirakan. Jika dihitung rata, pertumbuhan dari tahun 2011-2014 kenaikannya sebesar 2,3 persen per tahunnya. Tahun 2013, jumlah sekitar 1516. Sedangkan tahun 2014 sampai bulan Juli, terdapat 2016 .

Sumber: humas pemkot surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO