Bupati Emil Launching Trenggalek Agropark

Bupati Emil Launching Trenggalek Agropark Bupati Emil saat meninjau lokasi Trenggalek Agropark. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia ke 38 sekaligus launching Trenggalek Agropark, Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek menggelar berbagai atraksi kegiatan yang dipusatkan di kawasan Trenggalek Agropark jalan Soekarno-Hatta Trenggalek, Rabu petang (26/12).

Ir. Didik Susanto selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan, bahwa tema Nasional dalam rangka hari pangan sedunia kali ini adalah "Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasang Surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia". Sedangkan tema Provinsi Jawa Timur dan kabupaten Trenggalek yakni "Optimalisasi Pemanfaatan Sejengkal Tanah dan Setetes Air Menuju Mandiri Pangan".

Disampaikan oleh Didik, hari pangan sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober, untuk menghormati berdirinya organisasi pangan dan pertanian FAO yang didirikan oleh PBB pada tahun 1945. Hari pangan sedunia dicetuskan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979. Hari pangan sedunia sendiri telah diperingati setiap tahun di lebih dari 150 negara termasuk Indonesia, guna meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan.

Lebih lanjut, kata Didik, tujuan dari pelaksanaan kegiatan hari pangan sedunia ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan. Selain itu membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka makanan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah atau pekarangan.

Acara berikutnya pemberian penghargaan Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi Jatim. Pada 6 orang pemenang dan penghargaan Bidang Penyuluh pada 7 orang yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Trenggalek Emil Dardak yang didampingi Kapolres Trenggalek dan Komandan Kodim 0806 Trenggalek.

Simak berita selengkapnya ...