Pantau Harga Sembako, Tim Satgas Pangan Sidoarjo Sidak Pasar

Pantau Harga Sembako, Tim Satgas Pangan Sidoarjo Sidak Pasar Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris (berdasi) saat memantau harga daging ayam di Pasar Larangan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sidoarjo melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5). Kegiatan itu dilakukan untuk memantau sekaligus mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok saat Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Kebutuhan pokok itu di antaranya, beras, gula, migor, daging sapi dan ayam, serta bawang merah dan putih.

Menurut Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris, berdasarkan hasil pengecekan saat ini harga-harga kebutuhan pokok relatif stabil. Bahkan harga bawang putih yang sebelumnya sempat meroket, kini cenderung turun.

"Harga bawan putih cenderung turun. Sebelum Ramadhan mencapai kisaran Rp 50 hingga Rp 60 ribu, saat ini turun dratis sekitar Rp 33 ribu per kilogram," kata Harris kepada wartawan di pasar Larangan Sidoarjo, Senin (13/5).

Harris menambahkan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Namun kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan. Seperti daging ayam, beras, gula. Untuk gula, naik Rp 1.000 dari Rp 10.500 sekarang Rp 11.500. Sementara beras medium dan premium hanya naik Rp 200 rupiah per kilogram.

"Daging ayam naik kisaran Rp 5 ribu per kilogram. Dari awalnya Rp 30 ribu, sekarang menjadi Rp 35 ribu per kilogram," tambah Haris.

Lebih lanjut, Harris menjelaskan, kegiatan pengecekan harga-harga kebutuhan pokok ini bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Seperti Disperindag, Bulog, dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan.

Selanjutnya, pengecekan harga ke pasar-pasar tradisional ini akan dilakukan seminggu sekali selama bulan Ramadhan. "Selain ke pasar tradisional, kami akan mengecek ke tempat distributor. Dikhawatirkan ada penimbunan bahan kebutuhan pokok tersebut. Namun sampai saat ini, stok kebutuhan pokok masih mencukupi," pungkas Harris. (cat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO