Dibayar Jadi Kurir, Tukang Becak di Blitar Ikut Cicipi Sabu Biar Kuat Bekerja

Dibayar Jadi Kurir, Tukang Becak di Blitar Ikut Cicipi Sabu Biar Kuat Bekerja Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela menunjukkan sejumlah barang bukti bong atau alat hisap sabu hasil penangkapan tersangka.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tukang becak di Kota Blitar diciduk Satuan Reserse Narkotika Polres Blitar Kota. Dia adalah Bambang Setiawan (32) warga Jalan Candi Surawana, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Dari tangan pengayuh becak yang biasa mangkal di parkiran wisata Makam Bung Karno Kota ini, polisi mengamankan satu plastik klip sabu seberat 0,33 gram.

Kepada polisi, Bambang mengaku awalnya ditawari temannya untuk menjadi kurir sabu. Dari sampingannya menjadi kurir itu dia diberi imbalan sekitar Rp 50 ribu. Tak jarang, Bambang juga ikut mencicipi sabu dengan alasan untuk menambah stamina selama bekerja jadi tukang becak.

"Saya biasanya disuruh belikan sama teman. Kalau disuruh belikan, biasanya saya dikasih bonus Rp 50 ribu. Saya juga dikasih bonus makai," ujar pria bertubuh jangkung itu saat dirilis di Mapolres Blitar Kota, Senin (13/1/2020).

Bambang mengatakan dia membeli barang haram itu dari Agus Suwito alias Embek (27) warga Jalan Kalasan Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Setelah mendapat informasi tersebut, petugas mencari keberadaan Embek tapi tidak ditemukan.

Polisi kemudian menjebak Embek dengan menggunakan handphone milik Bambang. Petugas berpura-pura memesan barang (paket sabu) kepada Embek. Embek pun masuk jebakan dan berhasil diamankan saat mengantarkan sabu dengan barang bukti 5 kantong plastik klip sabu dengan berat antara 0,30 hingga 0,34 gram per klip.

"Kasus ini kami kembangkan terus dari Bambang, pengembangannya berakhir sampai peredaran dari Lapas. Jadi pelaku-pelaku ini memesan, kemudian bandar yang di Lapas mengirimkan kurir, kemudian diranjau," ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela.

Dari kasus ini polisi berhasil mengamankan empat pelaku. Kini semua pelaku sudah ditahan di Polres Blitar Kota untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO