Kamis, 15 April 2021 00:21

Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja

Minggu, 19 Januari 2020 17:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sugianto
Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja
Haul Gus Dur yang digelar Gusdurian Probolinggo di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Ada yang menarik saat Gusdurian Probolinggo mengenang tokoh Gus Dur (KH. Abdurahman Wahid). Untuk mengenang sosok kepemimpinan mantan Presiden RI tersebut, Gusdurian Probolinggo menggelar haul di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

Tak heran, acara haul yang dikemas dengan refleksi kebangsaan satu dekade kepulangan Gus Dur dengan tema ‘Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan’ itu dihadiri oleh ratusan orang.

Mereka terdiri dari lintas agama dan sejumlah organisasi kepemudaan. Tak hanya itu, acara itu juga dihadiri oleh putri Gus Dur, Anita Wahid.

“Sosok Gus Dur ini merupakan tokoh pelindung bagi kelompok minoritas,” ujar salah seorang Ketua Tri Dharma Probolinggo, Ervan Sutjianto.

BACA JUGA : 

Anekdot Gus Dur, Obat Kuat Kiai, Kalah dengan Kambing

Cak Imin Dianggap Oligarkis-Nepotis, Miliki Sejarah Kelam terhadap Gus Dur

Said Aqil ​Cek Sound Capres 2024, Pengamat: Ingat Cak Imin Musuh Gus Dur

Viral, Pidato Gus Dur Sebut Cak Imin Curi PKB Dibantu Pemerintahan SBY

“Sosok Gus Dur ini merupakan tokoh pelindung bagi kelompok minoritas,” ujar salah seorang Ketua Tri Dharma Probolinggo, Ervan Sutjianto.

Ia mengatakan, salah satu hasil perjuangan Gus Dur adalah kesenian Barongsai. “Sejak tahun 1967, kesenian Barongsai tidak bisa tampil. Namun, berkat Gus Dur kesenian itu akhirnya bisa tampil. Ini yang tidak bisa dilupakan oleh kaum Tionghoa,” tandasnya.

Sementara Anita Wahid mengatakan, Gus Dur merupakan seorang tokoh yang pemberani. Bahkan Gus Dur sering mendapatkan ancaman di masa Orde Baru. “Beliau itu tokoh pemberani yang mengemban tugas misi kemanusian,” katanya.

Sikap beraninya dalam mengemban tugas kemanusian, tak hanya dirinya yang sering mendapatkan ancaman. Namun, keluarga juga ikut terkena dampaknya.

“Kita berharap nilai sikap pemberaninya Gus Dur itu tak pernah surut. Apalagi menghadapi tantangan Indonesia ke depan ini tambah besar,” tandas Anita Wahid. (prb1)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...