Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja

Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja Haul Gus Dur yang digelar Gusdurian Probolinggo di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Ada yang menarik saat Probolinggo mengenang tokoh (KH. Abdurahman Wahid). Untuk mengenang sosok kepemimpinan mantan Presiden RI tersebut, Probolinggo menggelar haul di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

Tak heran, acara haul yang dikemas dengan refleksi kebangsaan satu dekade kepulangan dengan tema ‘Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan’ itu dihadiri oleh ratusan orang.

Mereka terdiri dari lintas agama dan sejumlah organisasi kepemudaan. Tak hanya itu, acara itu juga dihadiri oleh putri , Anita Wahid.

“Sosok ini merupakan tokoh pelindung bagi kelompok minoritas,” ujar salah seorang Ketua Tri Dharma Probolinggo, Ervan Sutjianto.

Ia mengatakan, salah satu hasil perjuangan adalah kesenian Barongsai. “Sejak tahun 1967, kesenian Barongsai tidak bisa tampil. Namun, berkat kesenian itu akhirnya bisa tampil. Ini yang tidak bisa dilupakan oleh kaum Tionghoa,” tandasnya.

Sementara Anita Wahid mengatakan, merupakan seorang tokoh yang pemberani. Bahkan sering mendapatkan ancaman di masa Orde Baru. “Beliau itu tokoh pemberani yang mengemban tugas misi kemanusian,” katanya.

Sikap beraninya dalam mengemban tugas kemanusian, tak hanya dirinya yang sering mendapatkan ancaman. Namun, keluarga juga ikut terkena dampaknya.

“Kita berharap nilai sikap pemberaninya itu tak pernah surut. Apalagi menghadapi tantangan Indonesia ke depan ini tambah besar,” tandas Anita Wahid. (prb1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO