Beri Ketenangan Batin Pasien Covid-19 di Tempat Karantina, Gugas Beri Siraman Rohani

Beri Ketenangan Batin Pasien Covid-19 di Tempat Karantina, Gugas Beri Siraman Rohani Peta sebaran Covid-19 di Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna memberikan ketenangan batin bagi pasien konfirm positif Covid-19 yang kini menjalani masa karantina di shelter, Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 akan menjajaki kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk memberikan siraman rohani.

Hal ini disampaikan M. Chori, Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (10/6).

Ia menyampaikan, saat ini kondisi pasien konfirm di shelter yang disediakan Pemkot Batu sehat semua. Untuk memastikan dan mengetahui kondisi kesehatan pasien, belum lama ini telah dilakukan rontgen thorax dan pemeriksaan laboratorium lengkap dan pemeriksaan dari dr. spesialis.

"Secara umum hasilnya baik, namun untuk detail masing-masing pasien belum dikirim dari rumah sakit," ungkapnya.

Selain siraman rohani, Gugas juga mengajak para pasien senam aerobik ceria setiap pagi didampingi instruktur senam untuk meningkatkan kondisi fisik dan kebugaran.

Selain itu, juga disediakan makan 3 kali sehari dan 2 kali extra fooding serta multivitamin guna meningkatkan imun dan gizi pasien. "Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan, kondisi kesehatan pasien bisa semakin membaik dan bisa cepat sembuh dari Virus Corona," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag , Drs. H. Nawawi mengatakan, gagasan pemberian siraman rohani bagi pasien konfirm Covid-19 merupakan hal yang bagus.

"Pada dasarnya imun itu dapat terbentuk dari dua hal. Pertama yang bersifat fisik semisal asupan gizi yang memadai, pola makan yang teratur, dan lain-lain. Kedua yang bersifat psikis, yaitu ketenangan jiwa, soul, pikiran. Ini bisa ditempuh dengan senantiasa mendekatkan diri kepada sang pencipta," ujarnya.

Hingga per tanggal 9 Juni 2020, jumlah konfirm positif di sebanyak 38 orang. Sebanyak 8 orang dirawat di RS Karsa Husada, 1 orang isolasi di rumah, 24 orang isolasi di shelter, 3 sembuh, dan 2 meninggal. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO