Selasa, 04 Agustus 2020 09:25

Sambut New Normal, SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Ciptakan Moblist UMKM

Selasa, 07 Juli 2020 19:08 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Hendro Utomo
Sambut New Normal, SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Ciptakan Moblist UMKM
Mobilist UMKM karya Siswa SMK Model PGRI Mejayan Madiun yang siap dipasarkan.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun bersama para guru berhasil ciptakan mobil listrik (moblist) yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Moblist berukuran 1,5 X 3 meter yang diciptakan Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan dengan bimbingan para guru itu tidak hanya digunakan untuk pembelajaran di sekolah, namun mobil listrik ini juga untuk mendukung program SMK Model PGRI 1 Mejayan yang saat ini telah menjalin kemitraan dengan 72 desa di Kabupaten Madiun.

Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hamad mengatakan, karya moblist ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang  mengakibatkan banyak pegawai dirumahkan, sehingga jumlah pengangguran yang terdampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pun berpotensi meningkat. Kondisi ini, juga turut berdampak terhadap siswa SMK yang lulus di tahun ini.

“Ini salah satu fakta yang terjadi saat ini, namun tidak harus menjadi halangan dan mematikan mental optimistis dan produktif, walaupun pandemi Covid-19 memang berdampak negatif bagi sebagian masyarakat pada umumnya,” ujar Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun, Sampun Hamad, Selasa (7/7/ 2020).

Oleh karena itu, lanjutnya, SMK Model PGRI 1 Mejayan telah mempersiapkan peserta didik yang berkarakter, terampil, berpikir cerdas, profesional, serta bisa membaca peluang, sehingga pada musim yang tidak menentu seperti saat ini, Tim SMK Model PGRI 1 Mejayan dapat berinovasi untuk mengembangkan diri agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Khususnya pekerja dampak PHK akibat dari pandemi Covid-19 maupun lulusan SMK pada tahun ini,” terang Sampun.

Tim SMK yang dipimpin Sampun, membuka peluang kerja (bisnis) bagi korban PHK dan lulusan SMK dengan berinovasi menciptakan produk berdaya jual tinggi. "Tim INKA Group, siap membimbing SMK Model PGRI 1 Mejayan secara teknis untuk menuju pembuatan produk Mobil Listrik UMKM karya anak bangsa secara massal demi menyambut New Normal. Kami punya semangat juang ‘Sulit Tapi Bisa, Bukan Bisa Tapi Sulit’,” seru Sampun.

SMK Model PGRI 1 Mejayan, kata Sampun, selalu menjadikan tantangan sebagai peluang, bukan halangan. "Hal itu diperlukan untuk memiliki mental juang kreatif dan inovatif dalam menciptakan mobil listrik bagi UMKM. Antara lain moblist untuk Kedai Nasi Pecel, Snack and Coffe Shop, Sahara Mart, Bengkel Servis Keliling, Electrical Installation Maintanance, dan usaha lainnya," sambungnya.

Dia menjelaskan, rancang bangun moblist ini bermula dari gagasan pembuatan kereta cinta atau sepeda cinta dengan sumber tenaga gerak ayunan kaki manusia. Namun karena berbagai pertimbangan, terutama tujuan agar dapat diprospek ke arah profit, ternyata kurang mendukung. “Maka untuk menggeliatkan potensi ekonomi di masa pandemi Covid-19, pembuatan kereta cinta dialihkan ke produk yang lebih kreatif dan lebih berdaya guna, yakni berupa Moblist SMK untuk UMKM,” ujar Sampun.

Bermodalkan keberanian, kemauan, dan kekompakan team work, imbuhnya, pihak sekolah bertekad untuk mewujudkan impian membantu masyarakat di era pandemi Covid-19. Dia mengaku bahwa seluruh rancang bangun atau desain moblist ini dibuat oleh tim kerja SMK.

"Karya anak bangsa ini hanya dibanderol seharga Rp 20 juta. Kami keluarga besar civitas academica SMK Model PGRI 1 Mejayan, tetap optimistis. Kami bisa! Kami siap lebih produktif di era New Normal,” sebut Sampun.

Dia menambahkan bahwa produk moblist tersebut sudah banyak pesanan dari berbagai pihak. "INKA Group siap bimbing moblist untuk diproduksi secara massal, sebab sudah banyak yang minat dengan moblist kita," pungkasnya. (hen/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...