Ingin Dapat Dana Desa, ​Warga Temas Munculkan Wacana Pemekaran Kelurahan Jadi Bentuk Desa

Ingin Dapat Dana Desa, ​Warga Temas Munculkan Wacana Pemekaran Kelurahan Jadi Bentuk Desa Kantor Kelurahan Temas, Kota Batu. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wacana pemekaran Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, kembali bergulir. Bahkan, sebagian warga menghendaki salah satu wilayah hasil pemekaran Kelurahan Temas nantinya berbentuk desa.

"Kalau saya pribadi lebih cenderung ke desa, karena kita bisa lebih leluasa dalam membangun masyarakat," ujar Andhyka Muttaqin, Tokoh Masyarakat Temas kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya sebelum berbicara terkait kelurahan menjadi desa, yang perlu ditinjau adalah kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Jika masyarakat ingin pembangunan biasa-biasa saja dan segera terwujud, cukup jadi kelurahan karena cukup dengan SK Wali Kota.

"Namun, jika ingin pembangunan progresif maka menjadi desa lebih menguntungkan," ucapnya.

Akan tetapi jika dimekarkan berbentuk desa, maka perlu mempersiapkan infrastruktur kebijakan. Sebab, kata dia, bisa jadi ada vacum of power minimal 6 bulan hingga 1 tahun.

"Jika sudah jadi desa, maka per desa bisa mengelola anggaran minimal Rp 1 miliar, sehingga masyarakat lebih leluasa untuk mendesain pembangunannya. Itu sebabnya, langkah awal perlu dipetakan masalah dan potensi yang dimiliki," katanya.

Hal senada juga disampaikan Johan Bambang Irawan, warga RW 09 Temas. Ia turut mendukung adanya perubahan sistem dari kelurahan menjadi desa.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO