Sabtu, 23 Januari 2021 17:20

Resmikan Gedung MA Ponpes Singa Putih, Dahlan: Saya Lulusan Aliyah, tapi Pernah Jadi Menteri BUMN

Senin, 03 Agustus 2020 09:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ahmad Fuad
Resmikan Gedung MA Ponpes Singa Putih, Dahlan: Saya Lulusan Aliyah, tapi Pernah Jadi Menteri BUMN
Tampak di antara para tokoh yang hadir dalam peresmian tersebut, Prof. Dr. H. Dahlan Iskan, Prof. Dr. KH. Asep Saifudin Chalim, Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, dan Pengasuh Ponpes Singa Putih KH. Saifulloh Arif Billah. (foto: AHMAD FUAD/ BANGSAONLINE)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Mantan Menteri BUMN, Prof. Dr. H. Dahlan Iskan menghadiri peresmian gedung Aliyah Ponpes Singa Putih Al-Munfaridin, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Senin (3/8).

Kehadiran Dahlan di ponpes tersebut, selain ikut meresmikan, juga untuk memotivasi santri supaya tidak berkecil hati dalam menghadapi perkembangan zaman.

"Saya ini lulusan Aliyah, tapi saya pernah diamanati jadi Menteri BUMN. Maka dari itu, saya berharap lulusan aliyah tidak boleh kecil hati," terang Dahlan dalam orasi ilmiahnya.

Menurut Dahlan, kunci dari segala persoalan itu adalah punya kemauan besar. Selama orang itu tidak berkecil hati, dia yakin mampu menyelesaikan persoalan. Sehingga, akan timbul jiwa usaha dan kerja keras.

Ia menjelaskan, bahwa bekerja keras itu dilandasi tiga prinsip. Yaitu prinsip militansi dalam artian berani berjuang dan sanggup menghadapi rintangan.

"Kemudian prinsip tawadlu'. Dengan siapa pun kita berhadapan, etika tetap dikedepankan. Terakhir prinsip karakter, dalam artian manusia harus kokoh dalam mempertahankan keputusannya, jika itu dianggap harus dilaksanakan dan harus dipertahankan," paparnya.

Dahlan juga bercerita perjalanan karirnya. Bahwa dia sendiri adalah lulusan Aliyah, belum punya ijazah S-1. Adapun gelar Doktor dan Profesor menurut pengakuannya, adalah gelar kehormatan yang dianugerahkan pada dirinya.

Di era Presiden SBY, Dahlan ditunjuk sebagai Direktur PLN. Padahal dirinya berlatar pendidikan Aliyah, bukan lulusan insinyur atau jurusan pendidikan yang sejalur dengan urusan PLN. Setelah 3 tahun menjadi pimpinan PLN, ternyata 2 tahun kemudian ditunjuk sebagai Menteri BUMN.

"Jadi sekali lagi, bahwa lulusan aliyah atau lulusan pesantren jangan berkecil hati. Selama ada kemauan besar dan usaha keras, pasti ada jalan," tutup dia.

Sementara Wakil Pengasuh Ponpes Singa Putih Al-Munfaridin, H. M. Sholeh, S.H.  mengatakan tujuannya mengundang Dahlan itu supaya para santri bisa mengalap barokah. "Sekaligus memetik pengalaman dari beliau," ujar H. M. Sholeh.

Tampak yang hadir dalam peresmian tersebut, selain Dahlan Iskan, Prof. Dr. KH. Asep Saifudin Chalim, Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, dan Pengasuh Ponpes Singa Putih KH. Saifulloh Arif Billah. (afa/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...