Rehab 97 Kantor Desa dan 23 Pasar Desa, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 17 Miliar

Rehab 97 Kantor Desa dan 23 Pasar Desa, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 17 Miliar Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - kembali mengalokasikan bantuan rehab puluhan kantor desa. Ada 97 kantor desa yang bakal direhab tahun ini. Anggaran atau nilai rehab untuk tiap kantor desa berbeda-beda tergantung tingkat kerusakannya. Yakni antara Rp 150-200 juta.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Hurul Huda. Ia menjelaskan, rehab kantor desa dilakukan guna mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, karena banyak kantor desa yang bangunannya sudah tidak representatif.

“Total anggaran yang sudah disetujui oleh bupati yakni Rp 12,642 miliar rupiah untuk perbaikan 97 kantor desa yang tersebar di 24 kecamatan,“ jelas Nurul.

Lebih lanjut, Nurul menjelaskan, pengerjaan rehab nantinya akan ditangani secara swakelola oleh pemerintah desa masing-masing. Sehingga, ada peran serta dan partisipasi masyarakat sekitar.

Selain kantor desa, tahun ini melalui DPMD juga menggulirkan bantuan rehab pasar desa sebesar Rp 4,5 miliar. Rencananya ada 23 pasar desa yang akan direhab, dengan harapan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

”Rencana proram tersebut akan di gulirkan triwulan III, karena saat ini masih dilakukan verifikasi lapangan oleh tim,“ tukas Nurul. (bib/par/rev)     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO