Kamis, 03 Desember 2020 10:21

Ketua Pagar Nusa Jatim: Kalau Pendekar Arogan, Berarti Salah Asuh, yang Salah Pelatihnya

Sabtu, 12 September 2020 21:46 WIB
Editor: MMA
Ketua Pagar Nusa Jatim: Kalau Pendekar Arogan, Berarti Salah Asuh, yang Salah Pelatihnya
Para peserta sertifikasi pelatihan yang digelar PW Pencak Silat NU Pagar Nusa Jawa Timur di Graha Ansor Jatim di Kantor PWNU Jawa Timur, Sabtu-Ahad (12-13/9/2020). foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengurus Wilayah Pencak Silat NU Pagar Nusa Jawa Timur menggelar Sertifikasi Pelatih yang diikuti 150 peserta dari semua cabang daerah Jawa Timur. Pelatihan pelatih pencak silat dengan prosedur protokol kesehatan itu digelar di Graha PW Ansor Jatim Kantor PWNU Jatim Jalan Masjid Al-Akbar nomor 9 Surabaya mulai Sabtu hari ini hingga Ahad (12-13/9/2020).

Ketua PW Pagar Nusa Jatim H. Abd Muchid menegaskan sertifikasi pelatih ini penting bukan hanya untuk melatih kemampuan para pelatih secara fisik, tapi juga menggembleng mental sekaligus membangun watak mereka sebagai pelatih yang memiliki karakter.

(Ketua PW Pencak Silat NU Pagar Nusa Jawa Timur Abd Muchid (kanan) dan Wakil Ketua Pagar Nusa Jawa Timur, M Mas'ud Adnan,  foto: ist/ bangsaonline.com). 

Ia mengaku prihatin dengan beberapa peristiwa pemain pencak silat dan para pendekar yang belakangan ini sering menyerang dan menciptakan kerusuhan di beberapa daerah.

"Pendekar itu bukan orang cari musuh, tapi kalau ditantang orang tidak mundur," kata Abah Muchid - panggilan pendekar asal Mojokerto Jawa Timur itu kepada BANGSAONLINE.COM di sela-sela acara, Sabtu (12/9/2020).

Menurut dia, kalau ada pendekar atau pemain silat arogan, berarti yang salah pelatihnya.

"Berarti dia salah asuh," tegasnya.

Karena itu Pagar Nusa melarang para anggotanya bikin onar dan menyerang orang lain tanpa alasan jelas. Apalagi menyerang penduduk tak berdosa. 

"Pelatih itu bukan hanya bisa menendang, tapi mampu menanamkan karakter dan budi luhur," kata Abah Muchid.

Menurut dia, Pagar Nusa tidak hanya mengajarkan pencak silat agar para anggotanya punya keterampilan seni olahraga bela diri dan juara di berbagai event, tapi juga punya misi Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), mengingat perguruan silat adalah badan otonom di bawah naungan organisasi keagamaan terbesar Nahdlatul Ulama (NU).

Karena itu Pagar Nusa juga menagajarkan ketabiban, kerohanian, dan ilmu-ilmu keterampilan lain yang bermanfaat bagi masyarakat luas. 

"Pelatihan ini akan kita perkuat ke daerah-daerah agar para anggota Pagar Nusa memiliki akhlak dan budi luhur dan para pelatihnya bisa menanamkan karakter yang baik," tegas Abah Muchid. (mma)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...