Sabtu, 31 Oktober 2020 14:07

Layani Masyarakat, Wabup Sumenep Serahkan Sertifikat Hak Tanah Pertanian Kepada Warga Paberasan

Selasa, 22 September 2020 17:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Layani Masyarakat, Wabup Sumenep Serahkan Sertifikat Hak Tanah Pertanian Kepada Warga Paberasan
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H., menyerahkan secara simbolis bantuan sertifikat hak atas tanah bidang pertanian tahun 2019 kepada masyarakat Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep. (foto: ist).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H., menyerahkan secara simbolis bantuan sertifikat hak atas tanah bidang pertanian tahun 2019 kepada masyarakat Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep.

Menurutnya, penerbitan sertifikat itu untuk memberi kekuatan bagi masyarakat, baik tentang kepastian hukum hak atas tanahnya, sekaligus sebagai langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertanian.

“Masyarakat yang menerima sertifikat, selain sebagai kepastian hukum manakala terjadi konflik atas tanahnya, juga menggunakannya sebagai instrumen mendapatkan akses finansial atau permodalan,” jelasnya di sela-sela penyerahan sertifikat hak atas tanah bidang pertanian di Balai Desa Paberasan, Selasa (22/9/2020).

Dalam kesempatan ini, wabup juga meminta masyarakat yang tanahnya belum mendapat bantuan sertifikat gratis agar bersabar, karena pemerintah daerah harus membagi program bantuan sertifikat itu untuk desa lainnya di Kabupaten Sumenep.

“Pastinya, Pemkab Sumenep terus berusaha memberi bantuan sertifikat tanah setiap tahun dan pada tahun 2020 ini, Kabupaten Sumenep juga mendapat program bantuan sertifikat bidang pertanian dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI,” katanya.

Oleh karena itu, imbuhnya, masyarakat yang tanah pertaniannya telah bersertifikat harus tetap mempertahankannya sebagai lahan pertanian. "Jangan sampai setelah tanahnya bersertifikat beralih fungsi dari sebelumnya. Masyarakat jangan menjadikan tanah pertaniannya sebagai rumah atau menjualnya kepada orang lain untuk beralih fungsi sebagai lahan perumahan," terangnya.

"Ini sebagai upaya mempertahankan areal lahan pertanian di Desa Paberasan,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Desa Paberasan, Rahman Saleh mengungkapkan, sampai saat ini sudah ada sebanyak 400 bidang tanah yang disertifikatkan hak atas tanah dan diserahkan kepada masyarakat di desanya.

Pihaknya mengakui sertifikat gratis di Desa Paberasan adalah bentuk kepedulian Pemkab Sumenep kepada masyarakat di desanya, dalam rangka memberikan kepastian hukum hak atas tanah, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik petani maupun pelaku UKM.

“Bantuan sertifikat gratis ini adalah salah satu bukti nyata bahwa pemerintah daerah benar-benar melayani masyarakat Sumenep,” pungkasnya. (aln/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...