Selasa, 01 Desember 2020 06:24

Syafiuddin Sayangkan Minimnya Anggaran Rehabilitasi Infrastruktur Pelabuhan di Madura

Senin, 26 Oktober 2020 22:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Syafiuddin Sayangkan Minimnya Anggaran Rehabilitasi Infrastruktur Pelabuhan di Madura
H. Syafiuddin, S.Sos saat kunjungan perseorangan di Kantor KUPP Telaga Biru didampingi oleh KSOP Tanjung Perak Arif Toha, Kepala Pelabuhan se-Madura.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Syafiuddin Asmoro, Anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan perorangan dalam masa reses di Pelabuhan Telaga Biru Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Senin (26/10/2020).

Kunjungannya kali ini, dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kesepakatan dari Komisi V saat pembahasan RAPBN 2021 tentang anggaran pembangunan infrastruktur pelabuhan di wilayah Madura.

"Kita sepakati bahwa anggaran di Pelabuhan Telaga Biru ini sebesar Rp 159 miliar dan Pelabuhan Branta Rp 42,3 miliar," ujarnya kepada media.

Dalam kesempatan ini, dirinya mengungkapkan kekecewaannya terkait minimnya anggaran yang dialokasikan untuk wilayah Madura. Padahal, Madura terdiri dari berbagai kepulauan.

"Anggaran di Kementerian Perhubungan itu ada Rp 45 Triliun, tapi kenapa anggaran untuk Madura kecil sekali. Ini masih kurang untuk Madura," terangnya.

Oleh sebab itu, pada tahun 2022, dirinya akan mendorong pemerintah pusat untuk memberikan anggaran lebih besar untuk Madura.

"Setidaknya dari Rp 45 triliun itu, Madura mendapatkan Rp 5 triliun. Karena ini adalah hak masyarakat Madura dan sudah menjadi kewajiban pemerintah pusat untuk memfasilitasi," ungkapnya.

Besaran anggaran ini, menurut Syafiuddin diperlukan karena beberapa pelabuhan di Madura, khususnya pelabuhan tradisional, infrastrukturnya tidak layak pakai. Keadaan ini, dikhawatirkan menjadi sebuah bencana dan membahayakan masyarakat.

"Jadi, pemerintah pusat harus mengantisipasi hal itu, agar tidak menjadi sebuah bencana bagi penumpang," tuturnya.

Selain tambahan anggaran, dalam kesempatan ini Syafiuddin juga meminta pemerintah untuk menambah personil guna memberikan pelayanan yang baik.

"Jadi saya juga mendorong Kementerian Perhubungan dan Dirjen Laut untuk menambah personil. Karena walaupun infrastruktur ada, tapi personilnya tidak ada, maka tidak jalan pelayanannya, percuma saja," cetus politikus PKB ini.

Ia juga meminta kepala pelabuhan se-Madura proaktif dengan melaksanakan program dengan baik, demi kemajuan Madura. Sebab, DPR RI telah memperjuangkan program anggaran pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan di Madura untuk anggaran TA 2021.

Sementara Bambang Sugiarto, Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (KUPP) Telaga Biru mengucapkan terima kasih atas dukungan H. Syafiuddin dalam sinkronisasi pelabuhan se-Madira,

"Saat ini minimnya support atau dukungan pemerintah daerah, karena pembangunan sisi laut, akses jalan darat, adalah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, termasuk rencana induk pelabuhan (RIP)," ucapnya. (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...