Kamis, 03 Desember 2020 17:58

Lanjutkan Blusukan ke Dua Kecamatan, Dhito Terkejut Dengan Perkembangan UMKM

Minggu, 22 November 2020 02:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Lanjutkan Blusukan ke Dua Kecamatan, Dhito Terkejut Dengan Perkembangan UMKM
Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana saat melihat produk UMKM Desa Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Semakin dekat dengan tanggal 9 Desember 2020 yang merupakan hari H pencoblosan Pilbup Kediri 2020, Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, semakin masif melakukan blusukan untuk menyapa warga.

Sabtu (21/11), Dhito, demikian sapaan akrab putra Menseskab Pramono Anung itu, melakukan pertemuan dengan Muslimat di Desa Tunge, Kecamatan Wates. Dari Kecamatan Wates, Dhito bergeser ke Kecamatan Ngadiluwih guna menghadiri pertemuan dengan pelaku UMKM di Desa Banjarejo.

Di Desa Banjarejo ini, Dhito sempat mengunjungi pabrik pengolahan krupuk. Ia juga menyempatkan berdialog dengan pemilik pabrik dan para pekerjanya. Dari pabrik krupuk, Dhito geser ke pembudidaya bunga dan pengrajin batik. Seperti biasanya, Dhito juga membeli bunga dan batik.

Usai acara di Desa Banjarejo, Dhito lalu bergeser ke desa tetangga, yaitu Desa Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih. Di desa Wonorejo, selain mengunjungi stan-stan UMKM, Dhito juga melepas rombongan Panjilaras yang akan melakukan Ziarah Wali Jatim plus Madura.

Kepada wartawan usai acara, Dhito mengaku terkejut saat melihat perkembangan UMKM di desa-desa yang yang dikunjungi. Termasuk di Desa Wonorejo.

“Cukup mengagetkan, karena hampir setiap hari saya mencicipi dan bertemu dengan para pegiat UMKM. Tapi khusus di Desa Wonorejo ini, mereka baru buka di bulan Februari, dan sekarang anggotanya sudah 120 orang,” kata Dhito, Sabtu (21/11).

Dhito mengatakan, bahwa para pelaku UMKM minta diadakan pelatihan pemasaran. Sebab, selama ini kendala mereka memang pemasaran dan packaging.

“Tadi saya tanya sudah sampai mana saja produk-produk ini, sudah masuk ke Kabupaten Malang, bahkan sudah ada yang sampai Jakarta dan sebagainya. Jadi artinya, sini salah satu UMKM yang cukup potensial, saya anggap di Desa Wonorejo ini,” sambungnya.

Perlu diketahui, program Dhito berkaitan “Legalitas UMKM”, yakni memberikan bantuan secara gratis dalam pengurusan izin UMKM bagi masyarakat Kabupaten Kediri yang saat ini telah menembus angka 1.200 lebih.

“Data yang sudah masuk (untuk) legalitasnya per-hari ini sekitar 1.220 sekian, saya lupa pastinya. Lalu yang kita bina yang kita berikan pelatihan dan kita berikan bantuan modal itu ada sekitar 49, nanti saya harapkan terus bertambah,” tuturnya. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wonocolo Surabaya. Silakan kirim...