Beri Perhatian Khusus, ​Mas Dhito Tinjau Korban Banjir Tarokan

Beri Perhatian Khusus, ​Mas Dhito Tinjau Korban Banjir Tarokan Bupati Kediri Terpilih Hanindhito Himawan Pramana saat berdialog dengan warga. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Banjir bandang di Sungai Kolokoso akibat hujan deras yang terjadi pada Minggu (13/12/2020) malam, dan menjebolkan tanggul sungai di Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, mendapat perhatian khusus dari Bupati Kediri Terpilih Hanindhito Himawan Pramana.

Senin (14/12/2020), Mas Dhito, demikian sapaan akrab putra Menseskab Pramono Anung itu, meninjau lokasi banjir yang berada di wilayah Kecamatan Tarokan, tepatnya di Desa Janti, Desa Cengkok, dan Desa Kedungsari.

Kegiatan Mas Dhito untuk turun langsung ke lapangan tersebut, selain guna meninjau lokasi banjir, juga dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang ada di wilayah Kabupaten Kediri di bagian barat Sungai Brantas, yang mana setiap tahunnya selalu menjadi langganan banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Hujan deras yang menyebabkan banjir tersebut, berdampak cukup luas seperti merendam area persawahan dan menggenangi rumah penduduk yang tak jauh dari area banjir rata-rata 30 sampai 45 centimeter.

Mas Dhito menjelaskan bahwa Sungai Kolokoso yang berada di Kecamatan Tarokan ini memang selalu banjir bila musim hujan tiba, lebih-lebih bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. "Setelah saya tanyakan kepada warga sekitar ini, (ternyata) sudah merupakan langganan banjir di saat musim penghujan datang," kata Mas Dhito.

Menurutnya, ada beberapa cara yang menjadi perhatiannya ke depan, selain akan membuatkan embung besar yang berada di daerah atas untuk penampungan air yang nantinya bisa dimanfaatkan saat musim kemarau tiba, juga perlu adanya normalisasi karena penyempitan pada aliran sungai.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO