Minggu, 17 Januari 2021 01:51

​Bupati Terpapar Covid-19, Ribuan ASN-Anggota DPRD Gresik Belum Terima Gaji

Rabu, 13 Januari 2021 21:41 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
​Bupati Terpapar Covid-19, Ribuan ASN-Anggota DPRD Gresik Belum Terima Gaji
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat memimpin upacara Hari Pahlawan, tahun 2016 lalu. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari tingkat rendahan sampai pejabat di lingkup Pemkab Gresik belum menerima gaji bulan Januari 2021 hingga Rabu (13/1/2021).

Kejadian serupa juga dialami oleh 50 anggota dan pimpinan DPRD Gresik. Mereka juga belum menerima gaji hingga Rabu (13/1/2021).

Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan membenarkan bahwa para ketua dan anggota DPRD belum menerima gaji bulan Januari 2021. "Belum cair," ujar Mujid kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (13/1/2021).

Menurut Mujid, belum cairnya gaji anggota DPRD Gresik lantaran Penggunaan Anggaran (PA) belum diteken oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto karena tengah menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit (RS) di Surabaya.

Bupati Sambari menjalani perawatan di salah satu RS Surabaya setelah terkonfirnasi positif Covid-19 sejak 28 Desember 2020. "Jadi, nunggu Pak Bupati sembuh dulu (untuk teken PA, red)," terang Ketua DPC PDIP Gresik ini.

Sementara sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gresik juga membenarkan jika gaji PNS belum dicairkan hingga Rabu (13/1/2021) hari ini.

"Belum cair. Ini PNS di OPD yang saya pimpin tengah menunggu," ujar salah satu Kepala OPD yang meminta namanya tak dipublikasikan kepada BANGSAONLINE.com.

Dirinya mengatakan sampai saat ini belum menandatangi surat perintah mencairkan (SPM) gaji ASN. "Sampai sekarang saya belum teken SPM sebagai syarat untuk mencairkan (gaji ASN)," ungkapnya.

Belum cairnya gaji ASN hingga jelang pertengahan bulan ini dikeluhkan ASN di lingkup Pemkab Gresik, salah satunya SG. Kondisi ini membuat dirinya kelimpungan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Ya mau bagaimana lagi. Gaji belum cair, kebutuhan keluarga jalan. Ya, terpaksa cari utangan dulu," katanya.

Ia berharap para petinggi Pemkab Gresik mengambil kebijakan dengan mencari solusi pencairan gaji ASN tanpa harus menunggu Bupati sembuh dari Covid-19. "Ya, harus dicarikan solusi, dan dikonsultasikan ke pemerintah pusat. Sebab, ini menyangkut nasib ribuan ASN," terangnya.

Dia mengungkapkan, banyak ASN di lingkup Pemkab Gresik yang menggantungkan penghasilan dari ASN yang menurutnya kurang dari cukup. "Saya ini kan masih pegawai rendahan. Jadi, gaji saya itu ya cukup untuk makan dan biaya sekolah anak yang masih kecil. Kalau belum gajian seperti ini kan susah. Beda dengan yang ASN memiliki jabatan. Mereka masih punya stok tabungan banyak. Jika gaji belum cair seperti ini bisa ambil tabungan," pungkasnya.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik Siswadi Aprilianto belum memberikan penjelasan soal belum cairnya gaji ASN. Dihubungi BANGSAONLINE.com melalui telepon, ia belum menjawab. (hud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...