Diduga Malapraktik, Penyebab Meninggalnya Bayi Pasca Operasi Caesar di RSIA Syafii, Ini Kata Dewan

Diduga Malapraktik, Penyebab Meninggalnya Bayi Pasca Operasi Caesar di RSIA Syafii, Ini Kata Dewan Rumah Sakit Ibu dan Anak Syafii di Jalan Letnan Singosastro, Kepang, Bangkalan. foto: AHMAD FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nurhasan, angkat bicara atas meninggalnya bayi saat operasi di RSIA Syafii. Ia menduga, bayi tersebut menjadi korban malapraktik dokter kandungan Taufik yang gagal melakukan tindakan operasi , hingga berakibat kematian bayi.

"Dokter Taufik yang melakukan tindakan operasi diduga telah lalai melakukan tindakan operasi, bahkan malapraktik terhadap pasien Siti Khotidjah pada 26 Desember 2020 lalu. Hal ini menurut aduan masyakat," jelasnya kepada wartawan setelah memanggil kepala dinas kesahatan dan pihak RSIA Syafii untuk dimintai penjelasan di gedung DPRD, Selasa (19/1/2020).

"Ada dugaan human error oleh dokter T dalam melaksanakan tindakan operasi. Kejanggalannya, dokter yang melaksanakan operasi diduga tidak melihat hasil USG secara detil, ada ketidaktelitian hingga menakibatkan kematian bayi," jelasnya.

Sebab, lanjut Nurhasan, berdasarkan hasil operasi ternyata berat bayi tidak sempurna, beda dengan hasil USG sebelumnya. "Anak yang dilahirkan Siti Khotidjah lewat operasi beratnya tidak sempurna atau prematur," jelas Nurhasan.

Menurut Nurhasan, berdasarkan hasil diagnosa dokter sebelumnya, pasien Siti Khotidjah direncanakan melahirkan di bulan Februari 2021. "Tapi karena kontraksi, oleh bidan desa diantar ke dokter T di RSIA Syafii, mengingat RSUD saat itu lagi di-lockdown," terang oolitikus PPP ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO